Bank Mandiri Meresmikan 241 Smart Branch di 89 Kota, Delapan di Antaranya di Jogja

Bank Mandiri Meresmikan 241 Smart Branch di 89 Kota, Delapan di Antaranya di Jogja

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Bank Mandiri meresmikan 241 Smart Branch by Mandiri yang tersebar di 89 kota/kabupaten dan 29 provinsi secara serentak, 29 Juli 2022. Di Yogyakarta, tercatat ada 8 smart branch, salah satunya di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dengan inovasi ini, diharapkan seluruh nasabah dan masyarakat di Indonesia dapat merasakan pengalaman perbankan baru bukan hanya di ibukota, tapi juga di seluruh wilayah Indonesia, serta mampu memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi, karena Bank Mandiri peduli dan selalu hadir di dekat nasabah.

Peresmian Smart Branch by Mandiri ini, merupakan langkah lanjut transformasi digital yang dilakukan salah satu BUMN ini. Inovasi Smart Branch by Mandiri yang kali ini diluncurkan, telah mengadopsi fitur-fitur layanan baru yang berorientasi kepada nasabah atau customer centric.

Melalui fitur-fitur ini, nasabah yang datang ke Smart Branch by Mandiri akan merasakan pengalaman perbankan yang cepat, mudah, aman dan andal, dengan dukungan digital technology.

Smart Branch by Mandiri, didesain untuk dapat mengakomodir kebutuhan nasabah berdasarkan tingkat adopsi digital, menghadirkan proses layanan yang terintegrasi dengan digital channel (Livin’ dan Kopra) dan self-service machine. Selain itu, nasabah yang memerlukan konsultasi produk dan layanan lainnya, dapat langsung dibantu oleh General Banker (GB) yang bertugas.

Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri, Sigit Prastowo, menjelaskan langkah transformasi digital ini juga merupakan bagian dari inisiatif mendorong peningkatan literasi keuangan digital di Tanah Air.

Untuk itu, transformasi Smart Branch by Mandiri akan hadir dalam tiga tipe, antara lain Digital Box, Hybrid Branch dan Upgrade Branch.

“Ketiga tipe ini diharapkan dapat mengakomodir seluruh karakter nasabah maupun masyarakat yang masih membutuhkan layanan perbankan di cabang maupun edukasi finansial dengan lebih nyaman dan interaktif,” ujar Sigit dalam peresmian Smart Branch by Mandiri Yogyakarta UGM, Jumat (29/7/2022).

Sigit menjelaskan, Digital Box akan hadir untuk nasabah yang membutuhkan layanan perbankan secara express tanpa antrean. Adapun, tipe Hybrid Branch hadir untuk membantu nasabah yang membutuhkan layanan cepat dan terdigitalisasi, serta beragam kebutuhan financial yang kompleks lainnya.

Untuk tipe ketiga, yakni Upgrade Branch (Digital Corner) dihadirkan bagi nasabah yang membutuhkan pendampingan staf untuk bertransaksi dan beragam kebutuhan finansial kompleks lainnya.

Ketiga jenis cabang tersebut dilengkapi dengan self-service machine seperti ATM Setor Tarik, Customer Service Machine (CSM), Video Conference Box yang memungkinkan nasabah berinteraksi secara daring dengan staf Bank Mandiri, dan General Banker yang akan memberikan solusi finansial kepada nasabah.

Sigit melanjutkan “Smart Branch by Mandiri hadir untuk memberikan kemudahan transaksi perbankan bagi nasabah, karena proses layanannya yang terintegrasi dengan Livin’ by Mandiri.

“Melalui fitur “Layanan Cabang” di Livin’ by Mandiri, nasabah dapat membuat reservasi sebelumnya, untuk bertransaksi di Smart Branch by Mandiri dengan lebih cepat, mudah, aman dan sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Tidak hanya itu, bagi nasabah yang belum melakukan reservasi melalui Livin’ by Mandiri, Bank Mandiri tetap menghadirkan kemudahan transaksi dengan adanya electronic form (e-Form) yang paperless.

“Dengan implementasi sistem operasional cabang yang baru, keamanan transaksi nasabah dapat dijaga dengan baik melalui metode personal approval yang dapat dilakukan oleh nasabah sendiri terintegrasi dengan Livin’ by Mandiri,” tambahnya.

Regional CEO Bank Mandiri Region VII/ Jawa 2, Dessy Wahyuni,  mengatakan khusus di Jawa Tengah dan DIY, saat ini telah terdapat total 26 unit Smart Branch yang terdiri dari 6 unit di Semarang, 8 unit di Yogyakarta, 4 unit di Solo, 2 unit di Tegal, 3 unit di Purwokerto, 1 unit di Kudus serta 2 unit di Magelang.

“Untuk itu kami mengajak nasabah kami di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta untuk memanfaatkan keberadaan cabang-cabang digital ini dalam mendapatkan akses pada layanan perbankan modern ala Bank Mandiri,” kata Dessy.

Kehadiran smart branch by mandiri di Jogja, salah satunya di UGM, disambut baik banyak kalangan. Salah satunya Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa.

Danang mengatakan, dengan inovasi ini maka nasabah atau masyarakat akan mendapatkan pelayanan yang semakin baik dan nyaman.

Danang mengatakan, kehadiran teknologi ini akan memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat atau nasabah. Selain itu, inovasi ini juga akan mendorong literasi digital kepada masyarakat.

“Semoga pelayanan Bank Mandiri kepada nasabah akan semakin baik dan memuaskan nasabah,” kata Danang.

Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Sigit Prastowo, Wabup Sleman Danang Maharsa, dan sejumlah pejabat Bank Mandiri berfoto usai seremoni peresmian Smart Branch by Mandiri UGM. (warjono/koranbernas.id)

Perkuat Kapasitas SDM

Dalam mendukung digitalisasi, Bank Mandiri secara konsisten turut melakukan pengembangan karir Sumber Daya Manusia (SDM) lewat program Mandirian Siap Jadi Digital.

Sigit menjelaskan, hal tersebut sejak awal telah menjadi strategi bisnis perusahaan.

“Dalam menyiapkan SDM agar tetap relevan, Bank Mandiri mengutamakan prinsip No One Left Behind atau tidak ada peran dari Mandirian yang terpinggirkan. Karena kami meyakini, kualitas SDM yang adaptif dengan Gerakan Bersama dari seluruh Mandirian merupakan kunci keberhasilan transformasi digital dan keberlangsungan bisnis Bank Mandiri ke depan,” terangnya.

Lebih lanjut, dalam roadmap transformasi digital Bank Mandiri, pengembangan SDM atau Mandirian telah menjadi fokus utama perseroan. Secara bertahap, Bank Mandiri telah menyiapkan Strategic Workforce Program (SWP) berupa upskilling maupun re-skilling kepada Mandirian, mulai dari tenaga-tenaga garda terdepan (frontliner) seperti di cabang hingga back office untuk dapat beradaptasi dengan cepat pada peran baru yang dijalankan, sehingga tidak ada pengurangan pegawai sama sekali.

Sebagai contoh, customer service dan teller diberikan pelatihan dan pendidikan untuk membentuk kemampuan baru dengan menjadi General Banker agar dapat dengan fasih menjelaskan fitur atau fasilitas di Smart Branch by Mandiri.

“Ke depan, Bank Mandiri akan terus melakukan perekrutan talenta-talenta muda yang diharapkan dapat mendukung pengembangan bisnis Bank Mandiri, terutama dalam mendukung transformasi digital. Dengan meningkatnya aktivitas bisnis dengan tetap secara konsisten memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tentunya diperlukan kapasitas SDM yang cukup dengan kapabilitas yang relevan,” pungkasnya. (*)