Minggu, 18 Apr 2021,


badan-otorita-borobudur-siapkan-wisata-sehat-di-tujuh-desaLima penari Dolalak mengiringi tamu VIP menuju Bukit Siboetrong. (wahyu nur asmani ew/koranbernas.id)


Wahyu Nur Asmani EW
Badan Otorita Borobudur Siapkan Wisata Sehat di Tujuh Desa

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Badan Otorita Borobudur (BOB) menyiapkan wisata sehat di tujuh desa wilayah Jawa Tengah dan DIY.


Tujuh desa itu meliputi Pandanrejo Kecamatan Kaligesing, Desa Sedayu Kecamatan Loano dan Desa Benowo Kecamatan, semuanya di Kabupaten Purworejo Jateng.


Kemudian, Desa Ngargoretno Kabupaten Magelang serta Desa Ngargosari, Desa Gerbosari dan Desa Pagerharjo di Kabupaten Kulonprogo. BOB membantu aktivasi destinasi melalui pelatihan dan pendampingan.

Direktur Destinasi Pariwisata BOB, Agustin Peranginangin, di sela-sela Pelatihan dan Pendampingan Adaptasi Kebiasaan Baru Destinasi SDM Parekraf Jateng-DIY mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program pariwisata sehat.


“Ini bukan kegiatan pertama. Karena pandemi, ada revisi program. Pariwisata diharapkan tetap berjalan, tetapi harus menyesuaikan keadaan,” ujarnya di Bukit Siboetrong Desa Pandanrejo Kecamatan Kaligesing, Senin (15/3/2021).


Menurut dia, kegiatan tersebut bukan hal baru. Tujuannya untuk  penguatan serta implementasi Sapta Pesona Pariwisata terutama bersih, indah dan aman.


Implementasi penguatan tiga unsur itu disertai peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM). “SDM harus mampu memahami apa itu protokol kesehatan desitinasi,” kata Agustin.

Misalnya, agar pengunjung tidak berkerumun bangunan toilet  dibuat berjarak. Demikian juga makanan, harus tersaji tertutup.

Pelatihan kali ini dibuka secara resmi Senin (15/3/2021) di Bukit Siboetrong Desa Pandanrejo Kabupaten Purworejo. Peserta berasal dari tujuh desa yang terpilih. Masing-masing desa mengirim 20 orang.

Direktur Destinasi Pariwisata BOB Agustin Peranginangin membuka pelatihan. (wahyu nur asmani ew/koranbernas.id)

Secara paralalel kegiatan diselenggarakan pada enam titik destinasi, meliputi sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Kegiatan diakhiri self declare sebagai bentuk komitmen pelaksanaan protokol kesehatan di destinasi wisata, dijadwalkan 7 April  2021.

“Penyusunan self declare setelah peserta mendapat materi selama dua hari dilanjutkan diskusi dua hari,” ungkapnya.

Pada kegiatan ini BOB berkolaborasi dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah, Dinas Pariwisata DIY, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Dinas Pariwisata Kulonprogo serta Lembaga Sertifikasi Jana Dharma Indonesia.

Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Promosi Pariwisata Dinparbud Purworejo, Dyah Woro, saat forum dialog mengatakan pihaknya mencoba melihat pandemi dari sisi positif. “Kami membuat sasaran wisatawan yang berbeda, wisata alami yang sehat dan aman," ujar Woro.

Menurut dia, selama pandemi tingkat kunjungan wisatawan di Bukit Siboetrong Desa Pandanrejo Kecamatan Kaligesing meningkat. “Untuk itulah, Bukit Siboetrong kami usulkan menjadi tempat launching Pelatihan dan Pendampingan Adaptasi Kebiasaan Baru Destinasi SDM Parekraf Jateng-DIY,” paparnya. (*)



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini