Wakapolda Jateng: Pengaduan Melalui "Call Center 110" Harus Direspon Cepat
Sekecil apapun laporan masyarakat melalui call center harus cepat ditindaklanjuti.
KORANBERNAS.ID, KEBUMEN--Wakapolda Jawa Tengah Brigjen Pol Latif Usman mengingatkan kepada Polres dan Polresta di Polda Jateng agar merespon cepat setiap aduan atau laporan masyarakat melalui call center 110.
“Sekecil apapun laporan masyarakat melalui call center harus cepat ditindaklanjuti,” kata Wakapolda Jateng Brigjen Latif Usman di Mapolres Kebumen, Senin (19/5/2025)
Kunjungan kerja Latif Usman diterima Kapolres Kebumen AKBP Eka Baasith Syamsuri bersama para pejabat utama Polres, Kapolsek jajaran, personel Polres Kebumen, serta para Bhabinkamtibmas.
Latif Usman menekankan pentingnya peran Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak kepolisian di tengah masyarakat. Bhabinkamtibmas diminta untuk benar-benar memahami dan menguasai wilayah binaannya, termasuk kondisi kamtibmas dan dinamika sosial yang ada.
“Bhabinkamtibmas adalah garda terdepan dalam menyelesaikan setiap persoalan masyarakat. Harus hadir dan dirasakan keberadaannya oleh warga. Jangan menunggu, tapi datangi dan dengarkan masyarakat,” kata Latif Usman.
Latif mengimbau jajaran Polres Kebumen untuk memberikan pelayanan terbaik dan maksimal kepada masyarakat. Pelayanan yang diberikan, menurutnya, bukan sekadar rutinitas melainkan bagian dari ibadah.
“Jika masyarakat sudah menginjakkan kaki ke halaman kantor polisi, baik itu polres maupun polsek, maka itu menjadi tanggung jawab kita untuk melayani dengan sepenuh hati,” pesan Latif Usman.
Latif Usman mengingatkan pentingnya respons cepat terhadap layanan Call Center Polri 110. Sekecil apapun laporan masyarakat, harus diterima dan ditindaklanjuti.
Latif Usman turut menyampaikan pandangan religius yang menjadi motivasi dalam menjalankan tugas. Mengutip pesan dari seorang ulama, bekerja terlebih lagi dalam tugas pelayanan masyarakat, dapat dimaknai sebagai bentuk zikir kepada Allah SWT.
“Melayani masyarakat dengan ikhlas juga bentuk zikir kita kepada Allah SWT. Ini bentuk pengabdian yang sangat mulia,” katanya.
Latif Usman berharap seluruh anggota Polres Kebumen semakin termotivasi dalam memberikan pelayanan terbaik, menjaga keamanan, dan memperkuat hubungan dengan masyarakat.
Latif mengapresiasi langkah Kapolres Kebumen membuat sejumlah program agar lebih dekat dengan masyarakat.
Kegiatan Subuh Keliling, Ngumpul Yuk, Jumat Curhat, bakti sosial, serta bakti kesehatan, Kegiatan itu bisa menjadi sarana komunikasi agar lebih mendekatkan diri kepada masyarakat. (*)