atas1

Tangkal Corona BKKBN DIY Kerahkan Penyuluh KB, Ini Tugasnya

Selasa, 07 Apr 2020 | 21:21:10 WIB, Dilihat 395 Kali
Penulis : Arie Giyarto
Redaktur

SHARE


Tangkal Corona BKKBN DIY Kerahkan Penyuluh KB, Ini Tugasnya Kepala BKKBN DIY Dr Ukik Kusuma Kurniawan SKM MPS MA (istimewa)

Baca Juga : Korem 071/Wijayakusuma Bantu Sembako untuk Warga Terdampak Corona


KORANBERNAS.ID,YOGYAKARTA -- Kantor Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DIY memberdayakan penyuluh KB atau PKB. Mereka dikerahkan sebagai ujung tombak di lapangan. Adapun tugasnya melaksanakan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) penanggulangan Covid-19.

Materi edukasi bersumber dari instansi dan lembaga yang memiliki otoritas. Ini penting untuk menangkal informasi tidak benar yang banyak beredar di sosial media. Tugas ini diseminasi oleh PKB, dilaksanakan oleh PKB dibantu para kader.

Kepala Kantor Perwakilan (Kaperwil) BKKBN DIY Dr Ukik Kusuma Kurniawan SKM MPS MA melalui Kasubag Umum dan Humas, FX Danarto, kepada koranbernas.id Selasa (7/4/2020) sore mengatakan, ini merupakan salah satu bentuk respons BKKBN membantu pemerintah mengatasi merebaknya Covid-19 yang sudah menjadi masalah nasional.

Dengan berbagai upaya pihaknya ikut berkontribusi memutus mata rantai penyebaran virus yang meresahkan itu. Kalangan PNS di lingkungan BKKBN DIY melaksanakan ada ebijakan Work from Home (WfH).

Danarto menjelaskan, materi KIE penanggulangan Covid-19 dihimpun dari instansi yang berwenang kemudian disusun. Apabila ada keraguan PKB diarahkan berkonsultasi ke Puskesmas, Dinas Kesehatan atau aparat keamanan setempat.

Menurut Danarto selama ini sudah banyak kegiatan dilakukan BKKBN DIY sesuai arahan BKKBN Pusat. Di antaranya penyuluhan langsung ke masyarakat menggunakan mobil unit penerangan (mupen).

Selain itu, juga menggunakan jaringan sosial media BKKBN, televisi, radio maupun radio komunitas atau rakom. "Sebagai anggota bidang Sosial Kemasyarakatan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 DIY, Kaperwil BKKBN DIY ditunjuk sebagai koordinator Tim KIE," kata Danarto. (sol)



Selasa, 07 Apr 2020, 21:21:10 WIB Oleh : Redaktur 266 View
Korem 071/Wijayakusuma Bantu Sembako untuk Warga Terdampak Corona
Selasa, 07 Apr 2020, 21:21:10 WIB Oleh : Redaktur 228 View
Kodam IV Peduli Sesama, Ratusan Prajurit dan PNS Sumbangkan Darahnya
Selasa, 07 Apr 2020, 21:21:10 WIB Oleh : Sari Wijaya 237 View
Musrenbang pun Digelar Online

Tuliskan Komentar