Penumpang ke Yogyakarta Terbanyak di Stasiun Tugu

Lima stasiun dengan tingkat kedatangan tertinggi pada 8 - 9 Maret 2024 adalah Stasiun Tugu Yogyakarta .

Penumpang ke Yogyakarta Terbanyak di Stasiun Tugu
Penumpang di Stasiun Tugu Yogyakarta. (muhammad zukhronnee muslim/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA – PT KAI Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta mencatat lonjakan yang signifikan dalam jumlah penumpang kereta api (KA) selama periode libur panjang menjelang Hari Raya Nyepi dan awal Ramadan 2024 sebanyak 46.314 pelanggan KA jarak jauh turun atau datang di seluruh Stasiun Daop 6 Yogyakarta.

Para pelanggan ini berasal dari berbagai daerah dan memanfaatkan momen libur panjang. Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta PT KAI, Krisbiyantoro, Minggu (10/3/2024), mengatakan kedatangan pelanggan dari berbagai daerah tersebut memanfaatkan momen libur panjang Hari Raya Nyepi dan hari pertama Ramadan 1445 Hijriah.

"Pada hari Jumat 8 Maret 2024 jumlah kedatangan pelanggan KA jarak jauh di seluruh stasiun Daop 6 mencapai 23.668 pelanggan, sedangkan pada Sabtu 9 Maret 2024 mencapai 22.646 pelanggan. Terjadi peningkatan sebesar 21 persen dibandingkan dengan periode Jumat-Sabtu pekan sebelumnya yang mencapai 38.221 pelanggan," jelasnya.

Lima stasiun dengan tingkat kedatangan tertinggi pada tanggal 8 hingga 9 Maret 2024 adalah Stasiun Tugu Yogyakarta dengan 20.494 pelanggan, Stasiun Lempuyangan 9.803 pelanggan, Stasiun Solobalapan 8.117 pelanggan, Stasiun Klaten 2.708 pelanggan dan Stasiun Purwosari 2.232 pelanggan.

ARTIKEL LAINNYA: Partai Demokrat Purworejo Peroleh Tujuh Kursi

"Para pelanggan KA yang turun di Daop 6 berasal dari kota-kota favorit seperti Jakarta, Bandung, Purwokerto, Surabaya, Malang, dan Banyuwangi," lanjutnya.

Tidak hanya kedatangan, jumlah keberangkatan pelanggan dari seluruh stasiun di Daop 6 juga mengalami peningkatan. Pada periode 8-9 Maret 2024, terdapat sebanyak 44.343 pelanggan KA jarak jauh yang naik atau berangkat dari seluruh Stasiun Daop 6. Pada Jumat, 8 Maret, jumlah keberangkatan pelanggan mencapai 22.717 pelanggan, sedangkan Sabtu 9 Maret, mencapai 21.626 pelanggan.

Kris mengimbau kepada pelanggan untuk mengatur perjalanan dengan baik agar tidak kehabisan tiket KA selama masa libur panjang Hari Raya Nyepi dan awal Ramadan ini, terutama untuk arus balik nantinya. Pastikan memeriksa kembali data diri pemesanan dan jadwal keberangkatan.

"Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan," ujarnya. (*)