Berkah bagi KAI Bandara, Penumpang Saat Libur Idul Adha Mencapai 80.789

Kami sangat antusias dapat mendukung mobilitas penumpang selama libur Idul Adha.

Berkah bagi KAI Bandara, Penumpang Saat Libur Idul Adha Mencapai 80.789
Penumpang KA Bandara di stasiun Bandara  YIA Kulonprogo. (istimewa)

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Libur panjang Idul Adha tahun ini membawa berkah bagi PT Railink (KAI Bandara) dengan peningkatan signifikan jumlah penumpang. Selama periode libur Idul Adha 1445 Hijriah dari 14 hingga 18 Juni 2024, KAI Bandara melayani total 80.789 penumpang.

Puncak lonjakan penumpang terjadi pada 18 Juni 2024 dengan 17.949 penumpang memanfaatkan layanan kereta bandara di Medan dan Yogyakarta.

Corporate Communications KAI Bandara, Sosiawan Surbakti, mengungkapkan kegembiraannya atas dukungan masyarakat terhadap layanan KAI Bandara.

"Kami sangat antusias dapat mendukung mobilitas penumpang selama libur Idul Adha ini. Dengan melayani lebih dari 80.789 penumpang, kami berusaha untuk memastikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi semua pelanggan kami," ujar Sosiawan, Rabu (19/6/2024).

Meningkat 15 persen

Selama long weekend tersebut, KAI Bandara mencatat 50.056 penumpang. Angka ini meningkat 15 persen dibandingkan pekan sebelumnya dari 7 hingga 9 Juni 2024, di mana layanan ini melayani 46.007 penumpang.

Di Medan, lanjut Sosiawan, jumlah penumpang KAI Bandara mencapai 40.112 penumpang selama periode libur Idul Adha, dengan rata-rata harian pada hari biasa sekitar 7.000 penumpang. Lonjakan tertinggi di Medan terjadi pada 18 Juni 2024 dengan 9.117 penumpang.

Di Yogyakarta, tercatat 40.737 penumpang selama libur Idul Adha. Puncak tertinggi terjadi pada 15 Juni 2024 sebanyak 9.811 penumpang. Pada hari biasa, rata-rata penumpang harian di Yogyakarta berkisar 5.500 penumpang.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua penumpang yang telah memilih KAI Bandara sebagai sarana transportasi selama libur Idul Adha.

Ketersediaan tempat

"Perusahaan berkomitmen untuk terus meningkatkan pengalaman perjalanan demi kenyamanan dan keamanan penumpang," tandasnya.

Penumpang diharapkan untuk melakukan pemesanan tiket dengan segera guna memastikan ketersediaan tempat. KAI Bandara juga mengingatkan penumpang agar tiba di stasiun dengan waktu yang cukup sebelum keberangkatan pesawat, yakni dua  jam sebelum keberangkatan domestik atau tiga jam sebelum keberangkatan internasional.

Informasi lebih lanjut mengenai layanan KAI Bandara, masyarakat dapat mengakses situs web resmi PT Railink di www.railink.co.id atau melalui media sosial IG: @kabandara, FB: @KABandaraRailink, Twitter: @RailinkARS, dan email: [email protected]. (*)