Kamis, 21 Okt 2021,


kiriman-vaksin-covid19-tidak-sebanding-kebutuhanBupati Kebumen, Arif Sugiyanto, memantau vaksinasi di Desa Temanggal, Kecamatan Adimulyo. (istimewa)


Nanang W Hartono
Kiriman Vaksin Covid-19 Tidak Sebanding Kebutuhan

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Kiriman vaksin Covid-19 untuk Kabupaten Kebumen masih jauh di bawah kebutuhan harian. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kebumen memperhitungkan kemampuan vaksinasi harian bisa 20.000 dosis/orang, namun kiriman vaksin masih di bawah kemampuan tenaga dan tempat pelayanan vaksinasi.


Kepala Dinas Kesehatan Kebumen, dr Budi Satrio, kepada koranbernas.id, Rabu (13/10/2021), mengatakan di Kebumen kegiatan vaksinasi dilakukan 35 Puskesmas, klinik, 11 rumah sakit rujukan Covid-19. Kemampuan melakukan vaksinasi per hari bisa mencapai 20.000 dosis/orang. Sedangkan rata rata vaksin yang diterima kurang dari 20.000.


"Kemampuan tempat pelayanan vaksin sebanyak itu, tapi kiriman vaksin kurang dari itu," kata Budi Satrio.

Budi Satrio mengungkapkan, keinginan masyarakat mengikuti vaksinasi terus meningkat. Namun kiriman vaksin belum sama dengan kemampuan tenaga vaksinasi. "Permintaan vaksin dari Puskesmas baru bisa dicatat," kata Budi Satrio.


Humas Satgas Penanganan Covid-19 Kebumen, Kusbiyantoro SKM M.Kes, menjelaskan ketersediaan vaksin di klinik, Puskesmas dan rumah sakit rujukan terbatas. Di 15 Puskesmas malahan tidak tersedia vaksin, delapan Puskesmas tersedia vaksin kurang dari 100 dosis.

"Kami sudah mengirim permintaan vaksin untuk bisa vaksinasi dengan capaian 50 persen," kata Kusbiyantoro.

Capaian vaksinasi hingga Selasa (12/10/2021) untuk dosis pertama mencapai 460.135 orang, kurang dari 40 persen. Dosis kedua lebih sedikit, baru 249.721 orang. Vaksinasi itu terdiri vaksinasi program, tenaga kesehatan, lanjut usia. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini