Kamis, 21 Okt 2021,


pkbm-mandiri-mengunjungi-pelaku-industri-percetakanKunjungan industri dari PKBM Mandiri, Kretek, Bantul ke perusahaan percetakan di Gunungkidul. (istimewa)


Sariyati Wijaya
PKBM Mandiri Mengunjungi Pelaku Industri Percetakan

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mandiri yang berlokasi di Jalan Samas KM 21, Karen,Tirtomulyo, Kretek, Bantul, menggelar pelatihan desain grafis secara gratis bagi 15 orang peserta. Pelatihan selama 150 jam pelajaran dan dilaksanakan sejak 11 Agustus hingga 2 Oktober lalu. Dilanjutkan dengan uji kompetensi di Alfabank sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK).  


“Kemudian  para peserta pelatihan melakukan kunjungan ke industri percetakan di Gunungkidul, yakni Carrissa Media dan Refresh Grafika, kemarin,” kata Yuli Sutanta, pengelola PKBM Mandiri, Rabu (13/10/2021).


Kegiatan dilanjutkan ke percetakan Intan Pariwara di Klaten Utara. Kunjungan dimaksud untuk melihat secara langsung kegiatan di industri percetakan. Sekaligus melihat aplikasi  dari ilmu yang didapat selama mengikuti pelatihan. Yakni Corel Draw, ilustrator, Adobe Photoshop, Adobe Indesign, setting design serta industri percetakan itu sendiri.

Semua kegiatan dibiayai dari Direktorat Kursus dan Pelatihan, Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI.


“Saya berharap ilmu yang didapat nantinya bisa memberikan manfaat dan berguna bagi mereka kelak dalam membangun usaha ataupun memasuki dunia kerja,” katanya.

Selain kunjungan industri, peserta juga akan mengikuti kegiatan pemagangan di sektor industri selama 10 hari untuk semakin menebalkan pengalaman tentang dunia kerja  yang terkait dengan ilmu yang mereka dapatkan.

Eko Suyanto, salah satu pengisi materi, mengatakan mereka  yang mengikuti pelatihan bahkan ada yang memulai dari nol.

“Mereka kita bekali keterampilan yang bisa dimanfaatkan untuk bekerja di perusahana atau instansi manapun. Juga bisa untuk mandiri, misal cetak mencetak undangan,” katanya. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini