Selasa, 21 Sep 2021,


tak-hanya-pedagang-pasar-warga-juga-belum-tertib-bermaskerPengunjung Pasar Playen memakai masker dan cuci tangan sebelum belanja di pasar. (sutaryono/koranbernas.id)


Sutaryono
Tak Hanya Pedagang Pasar, Warga juga Belum Tertib Bermasker

SHARE

KORANBERNAS.ID, GUNUNGKIDUL -- Meski pemerintah terus gencar mengampanyekan kepatuhan terhadap protokol kesehatan seperti keharusan menggunakan masker setiap aktivitas keluar rumah, namun di Kabupaten Gunungkidul sebagian pengunjung pasar tradisional, masih tampak tidak memakai masker.


Fakta tersebut didapat dari hasil operasi masker yang dilakukan Polsek Panggang. Cukup banyak pengunjung Pasar Legundi Kalurahan Girimulyo, yang menjadi sasaran operasi gabungan, tidak memakai masker.

  • Pemerintah Siapkan Aturan Penyebaran Vaksin Agar Tepat Sasaran
  • Menhub: Perlu Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19 Saat Libur Panjang

  • Kapolsek Panggang, AKP Mujiman, Kamis (22/10/2020) menjelaskan, pelaksanaan operasi sebagai implementasi adaptasi kebiasaan baru, masih menemukan banyak pengunjung pasar yang tidak bermasker. Solusinya, bagi pengunjung pasar yang tidak bermasker, langsung diberi masker gratis oleh petugas.

    "Hasil operasi yang digelar ini tercatat ada 20 warga mendapatkan teguran lisan karena tidak menggunakan masker. Petugas gabungan memberikan imbauan kepada masyarakat agar wajib menggunakan masker bila keluar rumah," jelas AKP Mujiman.

  • Peringatan Hari Santri Tahun Ini Terasa Berbeda
  • Libur Panjang, Warga Dimbau Memilih Lokasi Wisata Zona Hijau

  • Dalam operasi gabungan ini, berbagai unsur aparatur pemerintahan dan keamanan dilibatkan. Puluhan personil itu meliputi unsur Polsek Panggang sebanyak 13 personil, petugas Koramil dua personil, Pemerintah Kapanewon Panggang enam personil, dan Puskesmas Panggang lima personil.

    Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul, Johan Eko Sudarto, saat dihubungi koranbernas.id mengakui masih menemukan pengunjung pasar tidak memakai masker.

    “Sebenarnya petugas kami yang ada di setiap pasar, sudah selalu mengingatkan. Namun belum semuanya patuh,” katanya.

    Johan Eko Sudarto mengakui, di setiap pasar tradisional, pihaknya sudah memasang spanduk himbauan untuk memakai masker dan menyediakan tempat cuci tangan. Menurut Johan, dengan banyaknya sosialisasi dan gencarnya operasi yang dilakukan petugas, kesadaran warga memakai masker, semakin meningkat.

    “Sebagaimana di Pasar Playen, dari hari ke hari ada peningkatan kesadaran pengunjung pasar yang memakai masker. Ini juga terjadi di pasar yang lain,” tuturnya. (*)

     



    SHARE



    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini