Sabtu, 05 Des 2020,


sultan-minta-pakai-masker-harus-jadi-kebiasaanSri Sultan meminta agar masyarakat Yogyakarta menjadikan kebiasaan bermasker sebagai kebutuhan sehari-hari. (yvesta putu ayu palupi/koranbernas.id)


Yvesta Putu Ayu Palupi

Sultan Minta Pakai Masker Harus Jadi Kebiasaan


SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Gubernur DIY, Sri Sultan HB X meminta masyarakat dan wisatawan mentaati protokol kesehatan (prokes), termasuk memakai masker. Bahkan ketaatan tersebut harus menjadi kebiasaan dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Karena orang pakai masker tidak biasa, itu jadi hal yang menggangu, tapi kalau tidak dibiasakan ya mengganggu terus. Karena disitu tidak sekadar kita memperingatkan ya tapi masalahnya kesadaran. Jadi orang pakai masker itu kesadaran yang harus tertanam pada diri masing-masing," ungkap Sultan, Rabu (21/10/2020) siang, di Malioboro.

Menurut Sultan, kebiasaan memakai masker tersebut berlaku tidak hanya warga DIY namun juga wisatawan yang berkunjung di Kota Pariwisata ini. Hal ini penting agar kasus-kasus positif Covid-19 yang baru tidak akan muncul disini.

Terlebih lagi wisatawan yang berkunjung ke DIY sudah semakin banyak saat ini. Dinas Pariwisata DIY mencatat ada sekitar 15-20 ribu wisatawan yang datang di DIY setiap akhir pekan.

Demi mengantisipasi pelanggaran, Satgas Penanganan Covid-19 DIY, terutama di bidang hukum seperti Satpol PP diminta tegas dalam melakukan operasi yustisi. Para pelanggar prokes perlu diberikan sanksi sesuai Pergub Nomor 77 Tahun 2020. Apalagi dalam waktu dekat ada libur panjang Maulud Nabi Muhammad pada akhir Oktober 2020 mendatang.

"Konsekuensinya Satpol pp kita akan memperingatkan terus, sudah konsekuensi. Satpol PP juweh untuk mengingatkan [prokes]," ungkapnya.

Selain itu wisatawan juga bisa menggunakan Jogja Pass yang merupakan aplikasi database wisatawan yang berkunjung ke DIY. Melalui aplikasi yang mencatat data diri tersebut Pemda DIY bisa lebih mudah melakukan tracing bila muncul kasus positif Covid-19.(*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini