atas1

Segera Petakan Sungai-sungai Rawan Bencana

Selasa, 28 Jan 2020 | 21:08:29 WIB, Dilihat 165 Kali
Penulis : Sholihul Hadi
Redaktur

SHARE


Segera Petakan Sungai-sungai Rawan Bencana Konferensi pers usai seminar kemitraan di DPRD DIY, Selasa (28/1/2020). (sholihul hadi/koranbernas.id)

Baca Juga : DPRD DIY Ragukan Kesiapan Desa Kelola Danais


KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Menyikapi berbagai temuan di lapangan terkait banjir maupun tanah longsor serta menindaklanjuti kunjungan lapangan di Pundong Bantul dan Kali Buntung Yogyakarta, Komisi A DPRD DIY menggelar seminar kemitraan, Selasa (28/1/2020), di gedung dewan Jalan Malioboro Yogyakarta.

Tidak kurang 150 peserta yang merupakan mitra strategis dalam penanggulangan kebencanaan hadir pada acara tersebut, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY.

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto menjelaskan saat ini diperlukan sinergitas yang kuat antar-unsur untuk mengatasi dampak bencana khususnya di kawasan sungai.

"Kebijakan penting saat ini adalah segera lakukan pemetaan terhadap kondisi sungai sungai rawan bencana, kemudian kita rancang strategi pembangunannya serta dukungan anggarannya. Komisi A bersama Pemda harus duduk bareng dengan BBWSO serta instansi terkait untuk membahas mitigasi kebencanaan di sungai ini," ujarnya saat konferensi pers usai seminar. Turut hadir, Wakil Ketua Komisi A Suwardi dan anggota Hifni Muhammad Nasikh.

Dari seminar tersebut DPRD DIY merekomendasikan beberapa hal. "Kita berkomitmen bersama Pemda dan masyarakat DIY mencintai, menjaga, merawat dan melestarikan sungai di DIY. Pemda ke depan perlu mengajak masyarakat melakukan penanaman pohon di kawasan sungai,” kata Eko.

Gerakan cinta sungai ini juga harus didukung penegakan aturan agar tidak ada pihak-pihak yang merusak sungai.

Pada seminar tersebut juga disepakati Pemda agar melakukan koordinasi antar-lembaga untuk melakukan penanggulangan bencana di kawasan sungai.

"Fakta di lapangan ditemukan talud maupun tanggul yang rusak. Ini harus segera ditangani. Kita harapkan tindakan nyata Pemda kerja sama dengan BBWSO agar lekas merencanakan program, kegiatan dan anggaran untuk membenahi sungai yang ada khususnya membangun talud dan tanggul yang rusak", ujar Eko Suwanto.

Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana menjelaskan semua sungai yang mengalir di DIY saat ini belum dipetakan. Dengan adanya dorongan Komisi A DPRD DIY, pihaknya akan memetakan kondisi sungai-sungai tersebut. "Memang ada beberapa tempat yang rawan,” ungkapnya. (sol)



Senin, 27 Jan 2020, 21:08:29 WIB Oleh : Sholihul Hadi 224 View
DPRD DIY Ragukan Kesiapan Desa Kelola Danais
Senin, 27 Jan 2020, 21:08:29 WIB Oleh : Sholihul Hadi 234 View
Jumlah Keluarga Bermasalah di DIY Cukup Tinggi
Senin, 27 Jan 2020, 21:08:29 WIB Oleh : W Asmani 259 View
Muncul Ide Bekas Keraton Agung Sejagad Jadi Obyek Wisata

Tuliskan Komentar