Minggu, 01 Agu 2021,


raih-nilai-tertinggi-mtsn-9-bantul-gelar-wisuda-drive-thruWisuda MTsN 9 Bantul, Senin (14/6/2021). (sariyati wijaya/koranbernas.id)


Sariyati Wijaya
Raih Nilai Tertinggi, MTsN 9 Bantul Gelar Wisuda Drive Thru

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 9 Bantul yang beralamat di Jalan Wonocatur, Tegalmulyo, Kapanewon Banguntapan, menggelar wisuda purnasiswa kelas IX sebanyak 118 anak, Senin (14/6/2021). 


Wisuda menggunakan sistem lantatur atau drive thru dan terbagi dalam 5 sesi. Sesi pertama untuk anak berprestaasi dan sesi selanjutnya untuk siswa kelas IXA hingga IXD.

  • Tak Iingin Terdisrupsi ? Jangan Menoleh ke Belakang

  • Terdapat empat kategori prestasi dalam wisuda purnasiswa. Yaitu  Prestasi ASPD (Assessmen Standarisasi Pendidikan Daerah), Prestasi UMAD  (Ujian Madrasah), Prestasi Tahfidz (Hafalan Al-Qur’an), dan Prestasi Kelas.  

    Adapun rinciannya, Prestasi ASPD diwisuda langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, H Edhi Gunawan M.Pd.I, yakni Nabila Aulia Rahman kelas IXD dengan nilai 316,67, Ridho Ahnaf Azharuddiya kelas IXB dengan nilai 298,34 dan Nindya Woro Arteka kelas IXD  dengan nilai 290.


    Untuk Prestasi UMAD, diwisuda langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul, Aidi Johansyah M.M. Siswa tersebut adalah Najwa Arifatun Zahra kelas IXD dengan nilai 93,52, Zahra Putri Pradita IXD dengan nilai 93,40 serta Nabila Aulia Rahman dengan nilai 92,62.

    Untuk prestasi Tahfidz, diwisuda langsung oleh Kepala MTsN 9  Bantul, Nur Hasanah Rahmawati M.M. Mereka merupakan 3 siswa-siswi dengan hafalan Al-Qur’an terbanyak yakni  Indah Kusuma Dewi kelas IXD hafal Juz 30, Juz 1, dan Juz 2 sampai Surat Al-Baqarah ayat 181. Kemudian Naila Aisyah kelas IXA hafal Juz 30, Juz 1, dan Juz 2 sampai Surat Al-Baqarah ayat 143. Serta Atikah Qonita hafal Juz 30 dan Juz 1 sampai Surat Al-Baqarah ayat 133.

    “Hari ini kita menggelar wisuda secara bergelombang dan sistem drive thru. Tujuanya agar tidak ada kerumunan, mengingat kita dalam situasi pandemi Covid-19,” kata Nur Hasanah Rahmawati kepada koranbernas.id di lokasi.

    Usai diwisuda, siswa langsung meningggalkan lokasi acara untuk bergantian dengan siswa yang lain. Sehingga wisuda kali ini berlangsung cukup lama hingga sore hari.

    Alhamdulillah kita patut bersyukur bahwa untuk Tahun Ajaran 2020/2021 ini MTSN 9 Bantul meraih peringkat tertinggi untuk MTsN se-Kabupaten Bantul,” kata Atik, sapaan akrabnya.

    Selain prestasi akademik, disabet juga prestasi non-akademik. Diantaranya peringkat nasional untuk sekolah aktif literasi, penghargaan publikasi video aplikatif terbanyak tahun 2020 tingkat Kabupaten Bantul dan juara 2 publikasi madrasah dalam rangka Hari amal Bakti ke 75 Kemeterian Agama tingkat provinsi.

    Sementara Aidi Johansyah menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan-wisudawati MTs Negeri 9 Bantul yang telah berhasil  menyelesaikan satu tanggung jawabnya sebagai seorang siswa, telah berhasil memekarkan bunga di hati orang tuanya.

    “Bersyukurlah atas semua ilmu yang telah didapatkan selama menimba di MTs Negeri 9 Bantul. Semua kisah yang penuh kasih di madrasah ini, kemaslah sebagai bekal menjalani kehidupan di  tempat lain, tempat di mana kamu akan kembali menimba ilmu yang baru. Akan tetapi, ingatlah selalu pesan gurumu, jadikan akhlak mulia sebagai pakaian harian di mana pun kamu berada,” katanya.

    Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul mengucapkan terima kasih atas prestasi-prestasi yang telah diraih, baik di tingkat kabupaten, provinsi, regional, nasional, dan  internasional.

    “Nantinya, di tempat yang kalian pilih setelah kelulusan ini, teruslah berprestasi di bidang yang kalian minati. Sesungguhnya, tidak ada  bakat yang datang secara illahiah. Semuanya butuh diasah dan terus diasuh agar semakin tajam dan tak pernah tumpul,” tambahnya.

    Edhi Gunawan juga menyampaikan selamat kepada wisudawan dan selamat melanjutkan penempaan di jenjang yang lebih tinggi.

    “Semoga semangat menimba ilmu selalu membara dalam dirimu. Ingatlah selalu, di mana pun dirimu berada, di situlah akhlak mulia mesti dijaga,” katanya.

    Kanwil Kemenag DIY juga turut berbahagia dan berbangga atas rentetan prestasi yang berhasil diraih oleh MTs Negeri 9 Bantul.

    Tahun ini MTs Negeri 9 Bantul memikul amanah sebagai Madrasah  Unggulan Riset, Madrasah Unggulan Akademik, Madrasah Piloting ZI-WBK, dan sedang dalam proses menuju Madrasah Digital.

    “Ini berat jika tidak dipikul bersama-sama. Ke depan, di saat dunia pendidikan serba digital dan nirkabel, komunikasi menjadi kunci dari suksesnya sebuah lembaga. Oleh karena itu, teruslah kompak dalam mengelola madrasah dan membimbing siswa-siswi meraih prestasinya masing-masing. Saya percaya madrasah ini, dengan kegigihan usaha dan kekuatan doa, akan menjadi madrasah hebat bermartabat kelas dunia,” katanya. (*)



    SHARE



    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini