Hanya Dua Kabupaten, Sleman Meraih Penghargaan PANRB

Hanya Dua Kabupaten, Sleman Meraih Penghargaan PANRB

KORANBERNAS.ID,SLEMAN--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman meraih penghargaan terbaik untuk instansi pemerintah Kategori "Outstanding Achievement" dalam Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4).

"Penghargaan tersebut telah diserahkan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa kepada Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Jakarta pada Kamis (16/6/2022) lalu," kata Eka Suryo Prihantoro, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, Senin (20/6/2022). 

Menurut Eka, prestasi ini cukup membanggakan mengingat hanya dua Kabupaten di Indonesia yang berhasil masuk dalam enam jajaran peserta terbaik Kategori "Outstanding Achievement", yaitu Kabupaten Sleman dan Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

"Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) ini diselenggarakan Kementerian PANRB bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman Republik Indonesia," kata Eka. 

Diungkapkan Eka penyelenggaraan kegiatan ini bekerja sama dengan Korea International Cooperation Agency (KOICA) dan United Nations Development Programme (UNDP).

"Penyelenggaraan kompetisi tersebut bertujuan agar instansi pengelola pengaduan pelayanan publik dapat memperoleh pemahaman yang komprehensif terkait pengelolaan pengaduan," tutur Eka.

Kompetisi P4 ini menjaring 749 pendaftar dari seluruh kementerian, lembaga, BUMN, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, dan BUMD di Indonesia. setelah melalui tahap pengisian formulir tersisa 573 peserta yang kemudian disaring menjadi 434 peserta yang dokumennya layak diverifikasi.

Setelah tahap evaluasi dokumen, terpilih Top 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik terbaik yang terdiri atas 6 peserta pada Kategori "Ooutstanding Achievement", 30 peserta kategori instansi pemerintah (IP), dan 15 peserta kategori unit penyelenggaraan pelayanan publik (UPP). Tahap evaluasi lanjutan/penjurian kemudian menentukan Top 17 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik yang memperoleh Penghargaan Anggakara Birawa.

"Penghargaan yang diperoleh Pemkab Sleman diharapkan dapat memacu dan memotivasi seluruh perangkat daerah untuk terus meningkatkan kualitas agar pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Sleman dapat berjalan lebih baik," pungkas Eka. (*)