BPJS Kesehatan Terus Mendorong Peningkatan Pelayanan Faskes

BPJS Kesehatan Terus Mendorong Peningkatan Pelayanan Faskes

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan senantiasa mendorong peningkatan kualitas pelayanan fasilitas kesehatan (faskes).

Salah satu upaya itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen, Dany Saputro, beserta jajaran melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Permata Medika Kebumen, Selasa (21/02/2023). Kunjungan ini untuk memastikan mutu layanan fasilitas kesehatan atas pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

BPJS Kesehatan Kebumen ingin melihat pelayanan peserta JKN di fasilitas kesehatan. Selain itu, juga memastikan mutu layanan mulai dari pendaftaran, poliklinik, farmasi hingga layanan rawat inap. “Peningkatan kualitas layanan menjadi salah satu fokus utama BPJS Kesehatan," kata Dany.

Keberadaan fasilitas kesehatan sebagai mitra BPJS Kesehatan turut mendukung pelayanan pasien JKN berjalan dengan baik dan terjaga kualitas mutu layanannya.

Antrean pelayanan rawat jalan mulai dari pendaftaran sampai dengan farmasi diharapkan tidak melebihi dari standar yang sudah ditetapkan yaitu 3,5 jam sehingga penggunaan Mobile JKN harus dioptimalkan.

Dia mengimbau fasilitas kesehatan menyediakan pojok Mobile JKN. “Penggunaan antrean online ini akan sangat bermanfaat bagi peserta JKN, karena dapat memantau waktu tunggu maupun waktu layanan. Kenyamanan peserta dalam mengakses layanan kesehatan harus terus ditingkatkan," kata Dany.

Dipastikan pula peserta JKN harus mendapat kemudahan layanan. Dimulai dari pendaftaran peserta JKN dipastikan tidak diminta kartu fisik maupun dokumen pendukung seperti fotokopi kartu JKN dan KTP.

Pelayanan peserta JKN cukup menunjukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada e-KTP ataupun dengan menunjukan kartu digital peserta pada aplikasi Mobile JKN.

Kemudian, selama perawatan dan pemberian obat-obatan dari rumah sakit tidak ada iur biaya yang dibebankan kepada peserta JKN."Dipastikan tidak ada perbedaan pelayanan antara pasien JKN dengan pasien umum," kata Dany.

Wuryani (49), warga Gombong Kebumen, salah seorang pasien JKN segmentasi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas 3 yang menjalani rawat inap di RSU Permata Medika, mengaku senang mendapat kunjungan dari BPJS Kesehatan. Ditemani suaminya dia mengaku mendapat pelayanan yang baik selama menjalani rawat inap.

Direktur RSU Permata Medika, Nita Ariani Safitri, berkomitmen terus meningkatkan mutu layanan kepada peserta JKN serta secara kontinu memastikan kemudahan akses layanan bagi peserta JKN.

“Layanan Pojok Mobile JKN telah kami sediakan. Antrean online sudah dilaksanakan di RSU Permata Medika melalui pemanfaatan fitur mobile,” jelasnya. (*)