BPJS Kesehatan Meluncurkan Loket Pelayanan Informasi dan Portal Quick Response

BPJS Kesehatan Meluncurkan Loket Pelayanan Informasi dan Portal Quick Response
Launching loket pelayanan informasi dan POROS BPJS Kesehatan di RSUD R.A.A Tjokronegoro Purworejo. (Istimewa).

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan resmi memperkenalkan inovasi terbaru melalui Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS). Kedua inovasi tersebut dirancang untuk memaksimalkan pemberian informasi dan menangani pengaduan peserta di rumah sakit.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti mengatakan, sejak diluncurkan pada tahun 2014, Program JKN yang diselenggarakan BPJS Kesehatan bertujuan memberikan perlindungan jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk. Seiring dengan bertambahnya jumlah peserta JKN, BPJS Kesehatan memandang perlu dilakukan transformasi terhadap mutu layanan.

"Salah satu wujud nyata dari upaya transformasi mutu layanan adalah dengan penyediaan Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan di seluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Petugas rumah sakit yang ditunjuk akan bertugas memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN terkait pelayanan. Selanjutnya, petugas akan mencatat pada aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP)," jelas Ghufron saat peluncuran yang terpusat di RSUP Dr. Sardjito, Jumat (29/09/2023).

Ghufron menyebut, petugas rumah sakit juga dapat bekerja sama dengan Petugas BPJS SATU atau BPJS Siap Membantu, baik dalam bentuk pelayanan onsite maupun mobile. Hal ini dilakukan demi memastikan peserta menerima pelayanan yang terbaik. Waktu pelayanan di loket ini disesuaikan dengan jam pelayanan rawat jalan di rumah sakit.

"Keberadaan loket pelayanan informasi ini ditandai dengan adanya signage (papan petunjuk). Lokasi loket pelayanan informasi ini diprioritaskan berada pada area di rumah sakit yang mudah terlihat dan diakses peserta, seperti di area pintu masuk atau area administrasi pelayanan JKN," kata Ghufron.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga memperkenalkan Portal Quick Response (POROS) yang ditempatkan di fasilitas kesehatan. Inovasi ini membawa kemudahan digital bagi peserta JKN dalam mengakses aplikasi pendukung yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memperlancar proses pelayanan di fasilitas kesehatan.

POROS terdiri dari aplikasi Kesan dan Pesan Setelah Layanan (KESSAN), SIPP, Antrean, dan Web Skrinning yang dapat dimanfaatkan peserta untuk mendapatkan dukungan layanan yang lebih mudah dan cepat.

"POROS BPJS Kesehatan dapat diakses oleh peserta JKN yang sedang mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, baik tingkat pertama maupun tingkat lanjutan melalui x-banner atau poster yang tersedia di area pendaftaran maupun pelayanan," tambah Ghufron.

Dengan dihadirkannya loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS) ini, Ghufron berharap bisa berdampak terhadap peningkatan yang signifikan terhadap mutu layanan dan kepuasan peserta. Untuk itu, dirinya meminta kepada seluruh pihak dapat bersinergi demi menciptakan pelayanan kesehatan yang berdampak positif terhadap perlindungan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia.

Sementara itu, di tempat yang berbeda Kepala BPJS Kesehatan  Cabang Kebumen, Dany Saputro menyebut Launching Loket Pelayanan Informasi dan POROS BPJS Kesehatan dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Untuk wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Kebumen dilakukan di RSUD  R.A.A Tjokronegoro Purworejo.

"Bukan tanpa alasan kami memilih RSUD R.A.A Tjokronegoro, karena rumah sakit ini merupakan rumah sakit type C berkomitmen terbaik di wilayah kerja Cabang Kebumen," ungkap Dany.

Di lain pihak, Direktur RSUD R.A.A Tjokronegoro Purworejo, Dony Prihartanto mengatakan, implementasi Loket Pelayanan Informasi dan Portal Quick Response (POROS) merupakan salah satu dari berbagai rangkaian upaya RSUD R.A.A Tjokronegoro Purworejo untuk mendukung transformasi mutu layanan pada Program JKN. Ia berharap dengan adanya ruangan tersebut akan semakin mempermudah Peserta JKN untuk mengakses layanan informasi dan penyampaian pengaduan terkait pelayanan kesehatan. Untuk itu, pihaknya juga telah menyiapkan ruangan tersebut dibekali dengan sarana prasarana sesuai dengan standar yang ditetapkan, termasuk Petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP).

"Ini merupakan bentuk nyata komitmen kami dalam mendukung transformasi mutu layanan pada Program JKN," ujar Dony.

Dia juga menyebut pihaknya telah memilih lokasi strategis untuk loket pelayanan informasi. Lokasi tersebut juga dipilih dekat dengan Pojok Mobile JKN dan Anjungan Pendaftaran Mandiri. Hal itu dimaksudkan agar Peserta JKN dapat dengan mudah mengaksesnya.

"Dengan diluncurkannya loket pelayanan informasi dan POROS BPJS Kesehatan ini, kami harap semakin memudahkan peserta JKN dalam mengakses informasi maupun penyampaian pengaduan, sehingga dapat meningkatkan kepuasan peserta JKN di rumah sakit kami," tambah Dony. (*)