Rabu, 21 Okt 2020,


thiwul-ayu-mbok-sum-siap-buka-sampai-malamRumah makan Mbok Sum Mangunan Dlingo Bantul. (sariyati wijaya/koranbernas.id)


Sariyati Wijaya

Thiwul Ayu Mbok Sum Siap Buka Sampai Malam


SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Rumah makan Mbok Sum di Jalan Imogiri-Dlingo Desa Mangunan Bantul banyak disinggahi wisatawan saat berwisata ke Dlingo.

Usai menikmati indahnya kawasan Jurang Tembelan, Taman Seribu Batu Sangga Langit, hutan pinus dan obyek wisata alam menarik lainnya, biasanya mereka mampir ke warung ini.


Baca Lainnya :

Orang nomor satu di negeri ini, Presiden Joko Widodo, pernah menikmati sajian masakan di rumah makan yang awalnya berjualan thiwul ayu tersebut.

Kini resto tersebut berkembang menjadi rumah makan dengan aneka menu mulai dari ikan, ayam kampung goreng dan bakar hingga ingkung lengkap dengan tempe garit, tahu goreng serta aneka sambal maupun sayur.


Baca Lainnya :

Yang unik dari griya dhahar ini adalah tetap mempertahankan menu thiwul, baik itu thiwul ayu aneka rasa maupun tanpa rasa yang biasanya dimakan sebagai pengganti nasi.

Darmono selaku pengelola RM Mbok Sum mengatakan di tengah pandemi virus Corona tempatnya sudah buka, dengan memperhatikan petunjuk pemerintah terkait pembukaan rumah makan.

Aturan itu di antaranya karyawan maupun pengunjung harus mengenakan masker. “Kami mewajibkan semua pengunjung yang akan menikmati makan di sini untuk menggunakan masker," kata dia.

Selain itu, harus mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak satu pengunjung dengan pengunjung lain.

“Kewajiban menggunakan masker juga kami berlakukan ketika nanti kami buka malam. Saat ini sedang proses penyiapan. Sebelumnya hanya buka sampai pukul 18:00,” katanya.

Langkah-langkah pengelola rumah makan ini memperoleh dukungan pengunjung. Wicaksana wisatawan asal Temon Kulonprogo menyambut baik ketentuan menggunakan masker. “Saya mendukung penggunaan masker di sini," katanya.

Masker sebagai bagian untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, apalagi kasus terkonfirmasi positif di Bantul bertambah meski banyak pula yang sembuh.

“Intinya kita harus menerapkan protokol kesehatan di mana pun termasuk saat berwisata ataupun berkunjung ke rumah makan," katanya. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini