Sarimun Ketua DPRD Kebumen 2019-2024

Sarimun Ketua DPRD Kebumen 2019-2024

KORANBERNAS.ID – Sarimun dari PDI Perjuangan hampir pasti menjadi Ketua DPRD Kebumen Jawa Tengah periode 2019-2020, menyusul ditetapkannya namanya melalui Rapat Paripurna di DPRD setempat, Rabu (18/9/2019).

Pada rapat yang dipimpin Ketua Sementara, Aditya Whisnu Bayu Aji itu, diumumkan pula nama wakil  ketua yaitu Agung Prabowo dari Partai Gerindra, Fuad Wahyudi dari PKB serta Yuniarti Widayaningsih dari Partai Golkar.

Untuk pertama kalinya ada perempuan menjadi pimpinan dewan. Yuniarti yang menjabat bendahara DPD II Partai Golkar Kebumen itu dipilih oleh partainya.

Ini karena ketua dan sekretaris DPD Partai Golkar Kebumen tidak ada yang menjadi anggota dewan.

“Setelah diumumkan, diusulkan ke Gubernur Jawa Tengah melalui Bupati Kebumen,” kata Unggul Winarti, Kepala Bagian Humas DPRD Kebumen.

Didampingi Kasubbag Publikasi dan Dokumentasi Dra Rusta Hidayati dia mengungkapkan, pelantikan ketua  dan wakil ketua definitif menunggu surat jawaban dari Gubernur Jawa Tengah.

Yuniarti kepada koranbnernas.id mengatakan, untuk menjaga integritas anggota DPRD Kebumen dirinya akan memaksimalkan tugas pokok dan fungsi lembaga legislatif di bidang legislasi, anggaran serta pengawasan.

Dia tidak ingin kasus hukum yang menimpa ketua dan dua anggota DPRD Kebumen periode 2014-2019 yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terjadi lagi.

Kasus yang memprihatinkan itu muncul karena sistem ijon fee anggaran pokok-pokok pikiran DPRD. “Karena sistem,“ kata Yuniarti. (sol)