Pedagang Pasar Kolombo Belajar Promosi Online

Mereka mendampingi pedagang membuat video promosi pemasaran produk.

Pedagang Pasar Kolombo Belajar Promosi Online
Tim pendampingan pedagang Pasar Kolombo melakukan promosi online. (istimewa)

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Tim Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berkolaborasi dengan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) YKPN dan sepasar.id kembali menggelar program edukasi. Kegiatan yang diikuti oleh 16 orang pedagang pasar itu dimulai September dan berakhir Oktober 2023.

Kepala Humas UMBY, Widarta MM, Rabu (18/10/2023), mengatakan program ini bertujuan meningkatkan kapasitas SDM pedagang di Pasar Kolombo Sleman.

"Caranya menggunakan aplikasi sepasar dengan didukung lima orang pengajar, pakar dan praktisi dari UMBY, STIM YKPN dan sepasar.id yang membahas mengenai kemajuan teknologi dan strategi pemasaran," kata Widarta.

Sumiyarsih MM selaku ketua tim menjelaskan kelas sepasar memberikan lima sesi kelas online yang diikuti klinik pendampingan secara langsung ke lapak-lapak pedagang dengan melibatkan lima orang relawan sepasar.id.

ARTIKEL LAINNYA: Jagat Sastra Milenia Merayakan Ulang Tahun Ketiga

"Materi edukasi menggunakan aplikasi sepasar dengan pendampingan relawan, membahas materi-materi terkait kemajuan teknologi dan upaya pemasaran seperti fotografi, promosi online, foto dan edit video, displai barang dan pengepakan barang,” jelasnya.

Senada, Manajer R&D sepasar, Dwi Jayanti MM, menyampaikan kunjungan dan pendampingan relawan kelas sepasar di Pasar Kolombo dilaksanakan lima relawan.

"Mereka mendampingi pedagang membuat video-video promosi pemasaran produk yang dijual menggunakan aplikasi sepasar," katanya.

Untuk mengevaluasi dan mengukur keberhasilan program ini, selama mengikuti kelas sepasar Kolombo para pedagang diwajibkan mengerjakan kuis pada setiap materi yang telah diberikan.

ARTIKEL :LAINNYA: Ibarat Pecah Telur, Unwidha Kukuhkan Dua Guru Besar

Selain materi yang telah dipersiapkan oleh tim, pada program kali ini ada beberapa materi edukasi berdasarkan permintaan pedagang guna menyesuaikan kebutuhan pedagang Pasar Kolombo.

Harapannya dapat membantu meningkatkan daya saing dengan pasar modern serta membantu menyelesaikan permasalahan penurunan penjualan yang terjadi di lapangan.

Puncak program kegiatan kelas Sepasar Kolombo diadakan Sabtu (14/10/2023). Acara ini sekaligus penutupan kelas sepasar Kolombo yang dihadiri peserta kelas, pengurus paguyuban pasar Kolombo dan UMBY dengan membagikan marchindes oleh tim sepasar kepada peserta kelas sepasar Kolombo.

Guntoro Sengkan, salah seorang peserta mengatakan aplikasi sepasar sangat bagus dan bermanfaat. “Saya harap ilmu baru yang kami terima ini bisa memfasilitasi pengembangan pemasaran terutama untuk para pedagang Pasar Kolombo yang mengikuti kelas sepasar,” ujarnya. (*)