atas1

Budidaya Ikan jadi Aset Bantul

Rabu, 12 Feb 2020 | 02:01:16 WIB, Dilihat 355 Kali
Penulis : Sari Wijaya
Redaktur

SHARE


Budidaya Ikan jadi Aset Bantul Wakil Gubernur (DIY), Sri Paduka Pakualam X meresmikan Mina Garden Grojogan,Desa Wirokerten,Kecamatan Banguntapan Bantul,Selasa (11/2/2020) (istimewa)

Baca Juga : Kapolres Berharap Peran Aktif Pers Jaga Kondusivitas Pilbup


KORANBERNAS.ID, BANTUL-- Bupati Bantul, Suharsono  mengatakan Kabupaten Bantul  saat ini terus menggenjot sektor perikanan. Termasuk meningkatkan volume hasil dan upaya inovasi lain.

"Kita terus kembangkan upaya-upaya budidaya perikanan dan inovasinya,"kata bupati dalam acara peresmian  Wahana Edukasi Perikanan Mina Garden Grojogan ,Desa Wirokerten ,Kecamatan Banguntapan, Selasa (11/2/2020). Peresmian dilakukan oleh Wakil Gubernur DIY  Sri Paduka Paku Alam X dan dihadiri jajaran Muspika Banguntapan dan warga setempat.

Diantaranya,lanjut bupati adalah bagaimana mengkolaborasikan antara perikanan dengan sektor pertanian  atau disebut mina tani,budidaya lele di lahan terbatas dan sedikit air,budidaya udang kolaborasi dengan tanaman padi atau disebut mina udang serta upaya perikanan lainya.

Diharapkan dengan cara demikian,akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat selain tentunya bisa memenuhi kebutuhan ikan di DIY. Baik ikan konsumsi ataupun ikan hias.

Di Bantul sendiri tercatat ada 5.176 orang yang menekuni budidaya ikan,ditambah nelayan  yang mencari ikan di lautan tercatat  575 orang.

LurahWirokerten Rahmawati Wijayaningrum mengatakan  jumlah penduduk di desa ini ada 17.000 jiwa dengan mayoritas sebagai petani.

"Dan pada  tahun 2019  kami mendapatkan hibah bantuan Rp 1,5 miliar bagi budi daya perikanan dan sentra edukasi perikanan," katanya.

Dana tersebut selanjutnya dibuatkan 22 kolam yang digunakan untuk pembibitan,pembesaran  ikan,dan kepentingan edukasi perikanan lainnya. 

Sementara Wakil Gubernur  Sri Paduka Paku Alam X mengatakan Pemda DIY mengucurkan dana Rp1,5 miliar di kawasan tersebut.

"Sektor perikanan menjadi salah satu sektor yang mampu mendongkrak ekonomi  warga. Sehingga kami dorong untuk terus dikembangkan,"kata Wagub.(yve)



Selasa, 11 Feb 2020, 02:01:16 WIB Oleh : Nanang WH 258 View
Kapolres Berharap Peran Aktif Pers Jaga Kondusivitas Pilbup
Selasa, 11 Feb 2020, 02:01:16 WIB Oleh : Nanang WH 297 View
Pemilih Pemula Disiapkan Menjadi Pemilih Merdeka
Selasa, 11 Feb 2020, 02:01:16 WIB Oleh : Masal Gurusinga 1748 View
Harga Bawang Putih Turun, Namun Sepi Pembeli

Tuliskan Komentar