ada-bingkisan-lebaran-utuk-penjaga-perlintasan-rel-kereta-apiBupati Purworejo Agus Bastian saat memberikan bingkisan lebaran kepada penjaga perlintasan kereta api. (w asmani/koranbernas.id)


asmani

Ada Bingkisan Lebaran utuk Penjaga Perlintasan Rel Kereta Api

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO – Sejumlah 20 orang petugas penjaga perlintasan kereta api menerima bingkisan lebaran dari Bupati Purworejo Agus Bastian, Rabu (20/5/2020). Tali asih itu diserahkan bupati didampingi Asisten II Sekda Budi Hardjono, Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) B Gatot Seno Aji  serta Kabag Perekonomian Setda Titik Mintarsih, di Perlintasan Kereta Api Tegalkuning Kecamatan Banyuurip.

Petugas penjaga terdiri 16 orang di perlintasan sebidang berpalang pintu di Desa Andong Butuh, Tegalkuning Banyuurip, Krendetan Bagelen dan Bayem Kutoarjo. Sedangkan 4 orang lagi bertugas di underpass Besole Bayan.


Baca Lainnya :

"Setiap tahun kita memberikan bingkisan kepada penjaga perlintasan kereta api. Ini bentuk terima kasih kepada para petugas atas baktinya," kata bupati usai penyerahan.

Mengenai peralatan yang digunakan para petugas, Pemkab melakukan update agar laik digunakan. Namun untuk peralatan elektronik sepenuhnya kewenangan PT KAI.


Baca Lainnya :

Bupati berpesan agar mereka selalu memeriksa palang pintu dan memastikan berfungsi baik. Petugas juga diminta waspada terhadap setiap kedatangan kereta api, jangan sampai tertidur ketika menjalankan tugas.

"Waspada, jangan tidur dan selalu aktif sehingga tidak terjadi kecelakaan. Kalau sakit jangan lupa memberitahu agar dapat dilakukan pergantian piket. Ini demi memberikan pelayanan terbaik bagi warga yang melintas," katanya.

Menurut dia penjaga perlintasan kereta api punya peran sangat penting. Apalagi masih ada perlintasan kereta api yang tidak dijaga. Mereka bertugas juga demi keselamatan warga yang melintas.

"Saya berharap perlintasan yang belum dijaga ke depan akan ada petugas jaga. Warga yang melintas juga harus berhati-hati," tambahnya.

B Gatot Seno Aji menambahkan, pihaknya sudah mengusulkan pengadaan alat komunikasi ke PT KAI guna memperlancar tugas petugas penjaga perlintasan. Pihaknya juga akan berusaha membahas kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) bagi petugas penjaga perlintasan kereta api.

"Kami bersama dewan akan membahas dan akan mengusahakan kenaikan UMK bagi petugas penjaga perlintasan kereta api, nanti kita lihat regulasi yang ada," kata Gatot. (sol)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini