Ungkap Capaian Transformasi Digital, Telkomsel Sebut Media Bagian Penting Dalam Memberikan Nilai Tambah ke Masyarakat

Ungkap Capaian Transformasi Digital, Telkomsel Sebut Media Bagian Penting Dalam Memberikan Nilai Tambah ke Masyarakat
Direktur Utama Telkomsel, Nugroho saat memberikan paparan di depan jurnalis peserta media gathering 2024. (warjono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID, JAKARTA—Era transformasi digital telah membawa perubahan besar, tidak hanya bagi industri telekomunikasi tetapi juga bagi industri media. Di tengah disrupsi teknologi ini, Telkomsel konsisten berinovasi menghadirkan konektivitas, solusi, dan layanan untuk memberdayakan masyarakat, guna menciptakan hari ini yang lebih baik, dan masa depan yang gemilang.

Direktur Utama Telkomsel, Nugroho mengatakan, memahami perkembangan ini, pihaknya mengajak seluruh rekan media untuk bersama-sama terus adaptif dan relevan terhadap perkembangan zaman, serta memanfaatkan transformasi digital ini secara optimal.

Semoga kolaborasi dengan rekan media dan wartawan yang telah terjalin dengan baik selama ini terus memberikan manfaat dan nilai tambah bagi   masyarakat, sekaligus membuka lebih banyak peluang ke depan untuk kemajuan Indonesia,” kata Nugroho, di sela-sela acara Media Gathering Nasional 2024, di Jakarta, Rabu (7/8/2024). Media gathering diikuti oleh 245 jurnalis dari seluruh wilayah di Indonesia.

Dikatakan, media gathering dimaksudkan sebagai bagian dari upaya memperkuat kolaborasi dengan media. Berlangsung selama empat hari, dari tanggal 6 hingga 9 Agustus 2024 di Jakarta dan Bandung, kegiatan ini menjadi momentum penting bagi Telkomsel untuk mengapresiasi dan merayakan hubungan kolaboratif yang telah terjalin selama 29 tahun bersama para jurnalis.

Nugroho menyampaikan, jurnalis dan media memiliki peran penting sebagai jembatan komunikasi dalam menyebarluaskan informasi mengenai inovasi dan layanan yang dihadirkan oleh Telkomsel secara positif, konstruktif, dan objektif.

Oleh karena itu, dalam kegiatan ini, Telkomsel juga melangsungkan media update yang disampaikan oleh para narasumber perusahaan seperti Saki Hamsat Bramono selaku VP Corporate Communications & Social Responsibility, kemudian  VP Corporate Strategy, Innovation, Sustainability and Marketing Endra Diputra dan VP Technology Strategy and Consumer Product Innovation Ronald Limoa.

Ketiganya, membagikan informasi dan wawasan berharga mengenai pencapaian dan inovasi yang telah dilakukan, seperti memperkenalkan visi dan misi baru perusahaan sebagai bagian dari komitmen untuk bisa terus relevan dan adaptif terhadap perkembangan jaman.

Kemudian mempertegas technology leadership Telkomsel dalam pemanfaatan jaringan 5G. Sebagaimana diinfokan, perusahaan pelat merah ini telah membangun lebih dari 716 BTS 5G di 53 kota/kabupaten, menjadikan anak perusahaan PT Telkom ini sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital dengan cakupan jaringan 5G terluas dan tercepat di Indonesia.

Telkomsel juga menghadirkan ragam inovasi layanan digital terbaru, seperti MyTelkomsel Super App yang menawarkan berbagai fitur unggulan seperti layanan digital lifestyle yang mencakup health, travel, payment, entertainment dan commerce, yang memungkinkan pelanggan untuk mencatat performa olahraga lari, memesan tiket transportasi dan mengecek status penerbangan, berbelanja serta pembayaran tagihan di dalam satu aplikasi, hingga menonton video, mendengarkan musik, membaca artikel dan bermain game secara langsung melalui MyTelkomsel super app.

Kemudian Telkomsel menerapkan teknologi kecerdasan buatan (AI) terkini untuk meningkatkan efisiensi operasional, memperkaya pengalaman pelanggan, dan menjaga daya saing di industri. Salah satu penerapan AI ini adalah melalui layanan pelanggan Veronika, yang kini mampu memberikan interaksi pelayanan yang lebih natural dan intuitif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan pelanggan, hingga menghadirkan Ted, sebuah Virtual Account Manager berbasis AI dengan teknologi Metahuman tercanggih, yang berperan dalam mengelola akun pelanggan bisnis dengan lebih responsif dan proaktif, menyediakan layanan dan dukungan yang unggul.

Selain itu, melalui Telkomsel Enterprise, Telkomsel juga memposisikan dirinya sebagai product powerhouse bagi TelkomGroup untuk terus mendukung transformasi digital dan menghadirkan nilai tambah bagi pelaku bisnis, korporasi, UMKM, BUMN, dan lembaga-lembaga pemerintah melalui ragam produk inovatif dan solusi digital berbasis Data dan IT Solutions, IoT, hingga pemanfaatan teknologi 5G. 

Dalam upaya menerapkan proses bisnis berkelanjutan, Telkomsel konsisten berkomitmen menjalankan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG) dengan menjaga keberlangsungan bisnis selaras dengan pelestarian bumi, pemberdayaan sosial, serta menciptakan ekosistem digital yang aman dan bertanggung jawab melalui ragam inisiatif,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono menambahkan, Telkomsel berterima kasih kepada para jurnalis yang selama ini telah menjadi bagian penting dalam perjalanannya.

Selama hampir tiga dekade, Telkomsel dan media telah bekerja sama dalam berbagai aspek, mulai dari pemberitaan hingga dukungan inovasi yang berkelanjutan. Media Gathering Nasional 2024 ini tidak hanya menjadi bentuk kami mengapresiasi rekan jurnalis dan media, tetapi juga sebagai sebuah kesempatan untuk saling berbagi wawasan dan memperkuat sinergi dalam mendorong kemajuan ekosistem digital di Indonesia,” imbuhnya. (*)