Serap Aspirasi, Anggota DPD RI GKR Hemas Memuji Kualitas Pelayanan Publik di Sleman
Secara umum pelayanan publik di Kabupaten Sleman sudah cukup baik dan menunjukkan kemajuan.
KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Dalam rangka kegiatan reses penyerapan aspirasi masyarakat dan pemerintah daerah, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Repulik Indonesia (DPD RI) Komite I, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas melakukan kunjungan di Kabupaten Sleman, Senin (2/6/2025).
Kunjungan tersebut dilakukan di tiga lokasi, dimulai di Puskesmas Mlati II untuk meninjau langsung fasilitas dan layanan di sektor kesehatan.
Selanjutnya, kegiatan reses dilaksanakan di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman yang diisi dengan diskusi terkait pelayanan publik dengan sejumlah Kepala OPD Pemkab Sleman.
Terakhir, kunjungan dilakukan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sleman yang merupakan pusat pelayanan terpadu yang mengintegrasikan berbagai instansi pemerintah, BUMN, BUMD, dan bahkan swasta dalam satu tempat.
Kemajuan
GKR Hemas didampingi langsung Bupati Sleman Harda Kiswaya beserta beberapa kepala OPD.
Ditemui dalam kunjungan tersebut, GKR Hemas menyampaikan secara umum pelayanan publik di Kabupaten Sleman sudah cukup baik dan menunjukkan kemajuan.
"Di Provinsi DIY, Sleman telah menunjukkan kemajuan dibandingkan daerah lainnya. Dari data Kemenpan RB, Sleman memperoleh nilai sangat baik dalam indeks pelayanan publik," ungkap GKR Hemas.
Dari hasil tinjauan di sektor kesehatan, GKR Hemas menyebutkan fasilitas dan pelayanan publik pada sektor itu sudah bagus dan mampu memenuhi semua kebutuhan masyarakat walaupun di tingkat Puskesmas.
GKR Hemas juga menyampaikan pesannya dalam pelayanan kesehatan, khususnya dalam pelayanan konseling ibu hamil, agar menyertakan sosialisasi tentang partisipasi masyarakat dalam program Keluarga Berencana (KB).
Berkualitas
Bupati Harda Kiswaya menyampaikan Pemkab Sleman berkomitmen membangun kualitas pelayanan publik yang berkualitas, transparan dan akuntabel.
Sebagai bagian perwujudan komitmen tersebut, Pemkab Sleman menghadirkan MPP sejak tahun 2019 dengan 103 layanan yang dikembangkan dengan gedung MPP seluas 5.263 meter persegi dengan bangunan yang terdiri dari empat lantai seluas lebih dari 9.900 meter persegi.
"Dengan fasilitas baru ini, MPP Sleman menambah jumlah layanan menjadi 39 instansi yang memberikan 198 jenis layanan publik," jelas Harda.
Komitmen serupa juga dilakukan dalam berbagai ranah layanan antara lain kesehatan, administrasi kependudukan, pendidikan, koperasi dan lingkungan hidup.
Fasilitas Puskesmas
Pada ranah kesehatan, Pemkab Sleman berupaya memberikan layanan di 25 Puskesmas yang sepuluh di antaranya telah dilengkapi fasilitas rawat inap, dan 71 unit Puskesmas pembantu yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sleman.
Masih banyak upaya lain yang dilakukan Pemkab Sleman dalam upaya mewujudkan pelayanan yang berkualitas. (*)