Rabu, 21 Okt 2020,


pedagang-tidak-memakai-masker-langsung-diberi-gratisPetugas BPBD Gunungkidul membagikan masker di Pasar Hewan Siyonoharjo Kepanewon Playen. (sutaryono/koranbernas.id)


Sutaryono

Pedagang Tidak Memakai Masker Langsung Diberi Gratis


SHARE

KORANBERNAS.ID, GUNUNGKIDUL -- Adaptasi kebiasaan baru dengan memakai masker sepertinya belum memasyarakat. Banyak pedagang ternak di Pasar Hewan Siyonoharjo Kapanewon Playen Gunungkidul, tidak memakai masker, Kamis (15/10/2020).

Di pasar hewan terbesar di Gunungkidul ini, para pedagang juga kurang menjaga jarak. Salah seorang pedagang ternak, Mangun (60) mengaku lupa tidak membawa masker.


Baca Lainnya :

Padahal pedagang hewan sapi ini mengaku di hari biasanya, sering memakai masker. “Ini saya lupa, biasanya bawa masker. Tapi ini kebetulan lupa tidak membawa," katanya.

Hal senada diungkapkan pedagang lain, Kasdi (45). Pedagang kambing ini mengaku tidak membawa masker. “Tadi berangkat dari rumah tergesa-gesa, sehingga lupa tidak membawa masker. Semoga aman. Tidak ada penyebaran virus Corona,” ungkapnya.


Baca Lainnya :

Banyaknya pedagang hewan yang tidak memakai masker ini, langsung direspons Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul. Puluhan petugas disebar di pasar hewan ini untuk membagikan sebanyak 3.000 buah masker.

Para pedagang yang ketahuan tidak memakai masker, langsung diberi gratis. “Mangga Pak. Langsung diagem mawon,” kata Marno, petugas BPBD sambil menyerahkan satu bungkus masker.

“Terima kasih ya Pak,” jawab pedagang itu seraya memakai masker yang baru saja diterima.

Menurut Marno, masker yang dibagikan bukan hanya untuk pedagang hewan namun para pengunjung pasar, termasuk para pedagang makanan maupun pedagang asongan.

“Karena jumlah masker yang kami bagi cukup banyak, para pedagang yang awalnya tidak memakai, semuanya mendapat,” tuturnya.

Selain memberikan masker, para pedagang juga disarankan memakai masker. Namun pedagang belum memiliki kesadaran yang sama soal penggunaan masker. “Sikap greteh untuk selalu mengingatkan, perlu terus dilakukan,” kata dia. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini