Senin, 25 Jan 2021,


meski-pandemi-pramuka-tetap-eksisMusppanitra Kwartir Cabang Kota Yogyakarta XIX Tahun 2020. (istimewa)


Sholikul Hadi

Meski Pandemi Pramuka Tetap Eksis


SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA – Pandemi Covid-19 yang hingga kini belum dinyatakan berakhir, bukan alasan bagi para penggerak Pramuka memajukan organisasi. Melalui penyesuaian diri seiring berlakunya tatanan baru  (new normal) disertai ketaatan terhadap protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir serta menjaga jarak, diharapkan organisasi ini ke depan tetap terjaga eksistensinya.

Pesan tersebut disampaikan Wakil Walikota (Wawali) Yogyakarta yang juga Ketua Kwartir Cabang Kota Yogyakarta, Heroe Purwadi, tatkala menghadiri Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Putra Putri (Musppanitra) Kwartir Cabang Kota Yogyakarta XIX Tahun 2020, Sabtu (14/11/2020).


“Dengan adanya pandemi ini semua anggota mampu menyesuaikan diri untuk menghadapi tahun 2021. Pandemi Covid-19 ini tidak menjadi halangan dan alasan untuk menjalankan upaya memajukan Pramuka,” ungkap Heroe.

Di hadapan Pramuka Pandega se-Kota Yogyakarta perwakilan dari SMK/SMA/MA, perguruan tinggi serta Satuan Karya, Heroe berharap di masa pandemi ini Pramuka tetap menjaga keberlangsungan kegiatan dan gerakan. “Saya berharap, pandemi bukan alasan untuk tidak melaksankan program yang sudah dirancang sedemikian rupa,” kata dia.


Dengan begitu, gerakan Pramuka memberi arti dan warna di sekitarnya. “Dengan kegiatan musyawarah ini, semoga dapat membangun kebersamaan dan kesatuan gerakan agar apa yang kita siapkan bisa dilakukan bersama-sama untuk seluruh anggota,” ucapnya.

Ketua Kerja Gerakan Pramuka Cabang Kota Yogyakarta, Dede Rahayu Pratiwi, menyampaikan musyawarah ini bertujuan untuk melaporkan kegiatan dan capaian dari satu masa bakti 2015-2020, menyusun tata organisasi dan tata adat serta rencana kerja masa bakti 2020-2025.

Secara terpisah, Heroe Poerwadi juga menyerahkan penghargaan Pramuka Garuda kepada 40 anggota dari tingkat siaga, penggalang dan penegak, Minggu (15/11/2020), di Balaikota Yogyakarta.

Dia berpesan semua Gugus Depan agar mencetak Pramuka Garuda sebagai salah satu calon pemimpin bangsa. Pramuka Garuda adalah predikat tertinggi dari setiap tingkatan. Mereka yang terpilih melalui seleksi ini adalah orang-orang terbaik dalam upaya meraih kecakapan yang dipersyaratkan. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini