Mal Pelayanan Publik Kebumen Melayani Peserta JKN

Jadwal pelayanan setiap hari Rabu mulai pukul 08:00 sampai 12:00.

Mal Pelayanan Publik Kebumen Melayani Peserta JKN
Petugas BPJS Kesehatan di loket Mal Pelayanan Publik Kebumen. (istimewa)

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- BPJS Kesehatan membuka pelayanan tatap muka di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kebumen. Pelayanan di MPP dikelola Dinas Penamaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kebumen itu baru bisa dilayani setiap hari Rabu.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen, Dany Saputro, mengatakan pelayanan di MPP Kebumen merupakan salah satu upaya BPJS Kesehatan memperluas kanal layanan JKN. Sebelumnya kanal layanan tatap muka di Kantor BPJS Kesehatan terdekat ataupun melalui BPJS Kesehatan Keliling.

“Melalui pelayanan di MPP Kebumen ini kami harap dapat memudahkan masyarakat yang membutuhkan pelayanan administrasi JKN," kata Dany, Kamis (1/2/2024).

Jenis layanan di MPP Kebumen di antaranya pendaftaran peserta baru, perubahan data kepesertaan, pemberian informasi serta penanganan pengaduan peserta.

ARTIKEL LAINNYA: Warga Wadasmalang Kebumen Sedekah 4 Ribu Keranjang untuk Jamaah Rojabiyah

"Jadwal pelayanan setiap hari Rabu mulai pukul 08:00 sampai 12:00," kata Dany.

Menurut dia, BPJS Kesehatan mengupayakan agar waktu pelayanan di MPP dapat ditambahkan. Pelayanan JKN di MPP Kebumen sama dengan pelayanan yang dirasakan peserta ketika datang ke kantor cabang.

Dia menambahkan, layanan JKN di MPP Kebumen merupakan buah kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Kebumen bersama BPJS Kesehatan.

"Kami mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Kebumen memberikan pelayanan publik yang prima bagi masyarakat," ujar Dany.

BPJS Kesehatan telah membuka kanal layanan non-tatap muka sebagai alternatif bagi masyarakat yang terkendala jarak dan waktu untuk mengakses layanan.

ARTIKEL LAINNYA: Ironi Remaja di Kota Pendidikan, Banyak yang Gagal Kuliah Karena Biaya

Disebutkan, kanal layanan non-tatap muka ini di antaranya Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA), Aplikasi Mobile JKN, Care Center 165, Chat Asistant JKN (CHIKA) dan website BPJS Kesehatan.

Kanal layanan tersebut dapat diakses melalui gawai masing-masing peserta JKN karena berbasis digital. "Masyarakat dari berbagai kalangan dapat dengan mudah memanfaatkan kanal layanan ini,” kata Dany.

Salah seorang peserta JKN yang memanfaatkan layanan MPP Kebumen, Putra Inggar Zainurrahmat (26), berpendapat layanan MPP memudahkan masyarakat mengaskes layanan JKN.

Baginya, pelayanan di MPP dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan layanan administrasi JKN. “Mudah jadinya karena selain ada pelayanan JKN, ada layanan publik lainnya," ujar Putra.

Putra yang mengurus perubahan data mengaku pengurusannya tidak ribet karena hanya diminta menunjukkan Kartu Keluarga. Data JKN miliknya belum sesuai dengan data di Kartu Keluarga. “Pelayanannya juga cepat tadi," ujarnya. (*)