1.686 Petani Tembakau Menerima Bantuan Langsung Tunai

Bantuan diberikan utuh tanpa adanya potongan apapun.

1.686 Petani Tembakau Menerima Bantuan Langsung Tunai
Penyerahan Bantuan Langsung Tunai kepada petani dan buruh tani tembakau di Kebumen.  (istimewa)

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk 1.686 orang petani dan buruh tani tembakau.

Penyaluran BLT melalui PT Pos secara simbolik diberikan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto di Kecamatan Karanggayam, Kamis (16/11/2023)

Bantuan itu bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2023. Setiap petani penerima manfaat menerima Rp 600 ribu. "Anggaran BLT untuk petani dan buruh tani tembakau Rp 1,011 miliar lebih," kata Arif Sugiyanto.

Bantuan ini diharapkan bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan para petani dan buruh tani tembakau di Kebumen.

ARTIKEL LAINNYA: Ini Dia, 5 Rekomendasi Parfum Lokal Tahan Lama dan Ramah Tanggal Tua

Bantuan diharapkan mengurangi beban ekonomi para buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, meningkatkan motivasi untuk tetap semangat beraktivitas sesuai pekerjaannya.

Penerima bantuan agar bisa memanfaatkan bantuan tersebut semaksimal mungkin dan dipergunakan sesuai kebutuhan.

"Bantuan diberikan utuh tanpa adanya potongan apapun. Apabila ada pihak-pihak yang meminta potongan dalam bentuk apapun, segera melaporkan ke kami," pesan bupati.

Arif Sugiyanto mengungkapkan, tembakau dari Kebumen terkenal di luar daerah. Produksi tembakau yang ada di Kecamatan Karanggayam dan Karangsambung bisa terus ditingkatkan lagi produksinya. (*)