Kelas Bisnis KA Ranggajati Menjadi Ekonomi New Generation
Tempat duduk berjenis captain seat meningkatkan kenyamanan ketika melakukan perjalanan dengan waktu tempuh yang panjang.
KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Mulai 1 November 2024, kelas Bisnis KA Ranggajati relasi Cirebon-Jember menggunakan gerbong New Generation.
Semula KA Ranggajati yang menggunakan 5 kereta eksekutif, 4 kereta bisnis, 1 kereta makan dan 1 kereta pembangkit, mulai 1 November 2024 akan menjadi 5 kereta eksekutif, 4 kereta ekonomi New Generation modifikasi, 1 kereta makan dan 1 kereta pembangkit.
“KAI Daop 5 Purwokerto berharap perubahan sarana pada KA Ranggajati dapat menambah kenyamanan masyarakat dan pelanggan setia," kata Feni Novida Saragih, Manajer Humas PT Kereta Api Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto, Kamis (31/10/2024).
KA Ranggajati berhenti di tujuh stasiun di wilayah kerja Daop 5 Purwokerto yakni Stasiun Bumiayu, Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutowinangun dan Kutoarjo.
Semakin nyaman
Perubahan rangkaian ini berpeluang pada peningkatan okupansi penumpang dari wilayah Daop 5 Purwokerto, karena pelanggan akan semakin nyaman dengan inovasi yang meningkatkan kenyamanan penumpang dan alternatif pilihan kelas kereta pun bertambah.
Menurut dia, masyarakat yang ingin mencoba perjalanan KA Ranggajati dapat melakukan pemesanan tiket KA baik melalui aplikasi Access by KAI, laman kai.id, serta melalui semua saluran resmi pemesanan tiket kereta api lainnya yang telah bekerja sama dengan KAI.
Feni menambahkan, kereta ekonomi New Generation terdiri 72 seat atau tempat duduk yang berjenis captain seat yang akan meningkatkan kenyamanan bagi pelanggan KA ketika melakukan perjalanan dengan waktu tempuh yang panjang.
Peningkatan kenyamanan ini karena kereta ekonomi New Generation memiliki fasilitas desain kursi yang ergonomis dilengkapi fitur pengatur kemiringan (reclining) dan bisa disesuaikan searah laju KA ataupun berhadapan (revolving).
Masukan pelanggan
Dia menambahkan, peningkatan pelayanan ini adalah wujud komitmen KAI mendengarkan kebutuhan dan masukan dari para pelanggan, untuk dapat terus meningkatkan pelayanan dan customer experience, sehingga tetap relevan dan adaptif dengan perkembangan zaman dan profil pelanggan.
“Interior kereta ekonomi New Generation dimodifikasi menyerupai kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah, dengan sentuhan aksen kayu pada bagian jendela yang memberikan kesan klasik dan elegan,” jelasnya.
Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan penggunaan toilet duduk dilengkapi wastafel dan hand dryer. Selain itu, tersedia pula tempat ibadah di kereta restorasi.
"KAI akan terus meningkatkan kenyamanan para pelanggan KA. Harapannya, minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang selamat, aman, nyaman, dan tepat waktu," ujar Feni. (*)