1.192 Mahasiswa UPNYK Diwisuda

Pada periode wisuda ini, banyak lulusan dengan predikat cumlaude.

1.192 Mahasiswa UPNYK Diwisuda
Wisudawan mengikuti prosesi wisuda di UPNVY, Sabtu (21/10/2023). (yvesta putu ayu palupi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) menggelar upacara wisuda program Diploma, Sarjana dan Magister pada periode ke-1 tahun akademik 2023/2024, Sabtu (21/10/2023), di Gedung Auditorium UPN “Veteran” Yogyakarta.

Sejumlah 1.192 mahasiswa diwisuda dengan rincian sebanyak 64 wisudawan Magister (S2), 1079 wisudawan Sarjana (S1), dan 49 wisudawan Diploma (D3). "Jumlah tersebut jadi yang terbanyak pascapandemi," kata Mohamad Irhas Effendi, Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta.

Menurut Irhas, keberhasilan para wisudawan bukan hanya menjadi kebanggaan bagi diri sendiri. Namun juga bagi keluarga mereka dan institusi pendidikan yang mendukung mereka selama perjalanan akademiknya.

Apalagi pada periode wisuda ini, banyak lulusan dengan predikat cumlaude telah mencapai prestasi akademik tertinggi melalui kerja keras, dedikasi dan kecerdasan mereka selama masa studi.

ARTIKEL LAINNYA: Muhammadiyah dan Aisyiyah Gelar Forum Inklusi Membahas Kesehatan

"Mereka membuktikan kemampuan luar biasa dalam mencapai prestasi akademik yang luar biasa dengan raihan nilai tertinggi," ungkapnya.

Irhas menambahkan prestasi itu mencerminkan tingkat komitmen dan dedikasi yang luar biasa dalam mengejar pengetahuan dan pencapaian akademik. UPNYK memberi penghargaan kepada 16 orang lulusan terbaik dengan predikat Karya Cendekia.

Salah seorang yang menjadi sorotan adalah Triyulia Reveni. Mahasiswi ini lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,9. "Masa studi selama 3 tahun 8 bulan 27 hari," jelasnya.

Triyulia mengatakan untuk meraih predikat Karya Cendekia tentu melalui banyak tantangan selama masa studinya. Terlebih lagi selama masa perkuliahan ia termasuk mahasiswa yang aktif berorganisasi dan berkesenian hingga berprestasi di taraf nasional hingga internasional bersama Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) paduan suara Vocalista Paradisso (VP).

ARTIKEL LAINNYA: Santri Jadi Agen Perubahan Bangsa

"Selama masa perkuliahan tidak hanya sibuk mengejar akademik, saya cukup aktif juga berkegiatan di Unit Kegiatan Mahasiswa paduan suara Vocalista Paradisso," ungkapnya.

Mahasiswi Program Studi Akuntansi ini berbagi kisah inspiratifnya bahwa aktif di organisasi bukanlah kendala untuk tidak berprestasi secara akademik, keseimbangan antara keduanya justru yang mengantarkan meraih predikat Karya Cendekia.

"Aktif di Vocalista Paradisso sejak maba sampai tahun ketiga kuliah, tapi tetap harus berimbang sama akademik juga. Selain kuliah dan organisasi saya juga cari peluang lewat magang secara mandiri sebagai Accounting Staff di salah satu IT Consultant di Jogja," jelasnya.

Predikat Karya Cendekia adalah penghargaan yang diberikan kepada mahasiswa dengan prestasi akademik, lulus dengan masa studi singkat, berprestasi di luar kampus dan aktif di kegiatan organisasi maupun sosial.

ARTIKEL LAINNYA: Purbalingga Juara Umum Lomba MAPSI SMP se-Jateng

Predikat Karya Cendekia tidak hanya bisa diraih oleh wisudawan program Sarjana (S1) melainkan mahasiswa program Diploma (D3) juga memiliki hak yang sama. Salah satunya, Erol Yudhi Prakoso dari program D3 Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri (FTI) UPNYK.

Sebaran wisudawan pada periode ke-1 tahun akademik 2023/2024 ini sebagai berikut: Fakultas Teknologi Mineral (FTM) sebanyak 380 wisudawan (31,88 persen), Fakultas Teknologi Industri (FTI) sebanyak 250 wisudawan (20,97 persen), Fakultas Pertanian (FP) sebanyak 177 wisudawan (14,85 persen), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebanyak 184 wisudawan (15,44 persen), serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebanyak 201 wisudawan (16,86 persen). (*)