warga-dusun-ini-90-persennya-miskin-bhayangkari-brimob-polda-diy-datang-beri-bantuanBakti sosial Bhayangkari Brimob Bataliyon B Sentolo di Dusun Banyunganti Sentolo Kulonprogo. (istimewa)


sholihul

Warga Dusun Ini 90 Persennya Miskin, Bhayangkari Brimob Polda DIY Datang Beri Bantuan

SHARE

KORANBERNAS.ID, KULONPROGO – Dusun Banyunganti Desa Kaliagung Kecamatan Sentolo Kulonprogo perlu memperoleh perhatian pemerintah. Dari 86 Kepala Keluarga (KK), 90 persennya  merupakan warga miskin atau prasejahtera. Selain itu, juga banyak difabel.

Merespons kondisi tersebut, Bhayangkari Brimob Bataliyon B Sentolo, Rabu (8/7/2020), datang memberikan bantuan. Ini merupakan bagian dari kegiatan bakti sosial (baksos) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli, sekaligus sosialisasi pencegahan virus Corona atau Covid-19.


Baca Lainnya :

Ketua Bhayangkari Brimob Bataliyon B Sentolo, Retno Sudiyanti, mengemukakan pihaknya memberikan bantuan berupa sembako dan uang.

Dipilihnya dusun itu karena sebagian besar penduduknya berada di bawah garis kemiskinan. “Kita tidak tahu sampai kapan pandemi ini berakhir,” ujarnya kepada wartawan.


Baca Lainnya :

Bakti sosial serupa dijadwalkan berlangsung di tempat lain. “Bakti sosial Bhayangkari Brimob Bataliyon B Sentolo ini bukan hanya di sini. Kita merencanakan setiap pekan datang ke daerah-daerah miskin,” ungkap Retno.

Dukuh Banyunganti Lor, Prijanta, menyatakan benar 90 persennya warganya masuk kategori prasejahtera. Dia sangat mengapresiasi bantuan dari Bhayangkari Brimob. Ini sangat membantu terutama bagi warganya yang membutuhkan uluran bantuan.

Salah seorang penerima bantuan, Suyatmi (70), terlihat gembira. Sambil mengucapkan terima kasih wanita lanjut usia (lansia) itu mendoakan para tamunya semoga selalu mendapat berkah berkelimpahan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Anggota Bhayangkari Brimob Polda DIY mengikuti sosialisasi pencegahan Covid-19. (istimewa)

Pembina Bhayangkari Brimob Bataliyon B Sentolo yang juga Dansat Brimob Bataliyon B Sentolo,  Kompol Agus Mulono, menyatakan inilah salah satu bentuk dukungan dari institusinya untuk masyarakat sekitar.

Pihaknya berkomitmen memnantu mengurai permasalahan yang terjadi di masyarakat akibat pandemi Covid-19. “Kami akan terus mendukung dan bekerja supaya masyarakat bisa terbantu,” ujarnya.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda DIY Kombes Pol Imam Suhadi SIK menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Bhayangkari Brimob Bataliyon B Sentolo.

Menurut dia, Polri merupakan bagian dari masyarakat maka sudah semestinya membantu masyarakat. “Sudah menjadi kewajiban kami untuk ikut serta secara bersama-sama mengatasi persoalan yang terjadi di masyarakat,” ucap dia.

Di masa pandemi menuju New Normal ni, Brimob Polda DIY akan terus menggalang operasi-operasi kemanusiaan. Selain bakti sosial, juga mendukung kegiatan Bhayangkari dalam rangka memperkuat ketahanan pangan.

Adapun sosialisasi diikuti 35 orang anggota Bhayangkari. Materi seputar pencegahan Covid-19 disampaikan narasumber Yulianto dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo.

Menjelang New Normal atau tatanan baru masyarakat perlu memperoleh pengetahuan bagaimana menghadapi virus Corona dan kehidupan sehari-hari bisa berjalan beriringan. (sol)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini