Selasa, 20 Apr 2021,


tidak-apaapa-kepenak-divaksinPara lansia divaksin Covid-19, Jumat (5/3/2021). (Nanang wh/koranbernas.id)


Nanang W Hartono
Tidak Apa-apa, Kepenak Divaksin

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN-- Seorang penerima vaksin COVID-19 dari kelompok lanjut usia ( lansia) Sukoso ( 66) warga Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen mengaku tidak merasakan sakit ketika disuntik vaksin COVID-19. 


" Tidak apa apa, kepenak, " ujar Sukoso, kepada koranbernas.id, setelah divaksin di Puskesmas Karanganyar, Jumat ( 5/3/2021) sore. 


Ditemani anaknya,, Sukoso, seorang diantara 75 orang lansia yang divaksin di Puskesmas Karanganyar.  Dia berharap bisa selalu sehat dengan vaksinasi. 

Sebelum divaksin, calon penerima vaksin lansia menjawab 18 pertanyaan, seputar kondisi fisik dan kesehatan. Pertanyaan itu, meliputi apakah kesulitan naik 10 tangga, sering merasa kelelahan, apakah memiliki 5 penyakit atau lebih dari 11 penyakit hipertensi, diabetes, kanker, penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestis, nyeri dada, asma dan sebagainya. 


Pertanyaan lain, apakah kesulitan berjalan 100 meter - 200 meter, serta apakah mengalami penurunan berat badan bermakna setahun terakhir ini. 


Kepala Puskesmas Karanganyar dr Agus Sapariyanto menjelaskan, sebelum divaksin, seorang lansia menjalani skreening kesehatan. 


Kelompok lansia yang divaksin telah lolos skreening, termasuk tekanan darah. " Sampai sekarang tidak ada kejadian ikutan pasca imunisasi, " kata Agus Sapariyanto. 

Puskesmas yang dipimpinnya, Kamis ( 4/3/2021) dan Jumat ( 5/3/2021) telah melakukan vaksinasi lebih dari 1000 orang. Kelompok sasarannya, warga yang bekerja pada pelayanan publik lain, seperti karyawan toko, supermarket, relawan, petugas kesejahteraan sosial non ASN. 

" Dinas Kesehatan Kebumen memberi alokasi vaksinasi untuk Karanganyar 1100 orang, sampai Sabtu besok, " kata Agus Sapariyanto. Vaksinasi sebanyak itu bisa tercapai dengan cara membentuk 5 tim vaksinasi. (*) 



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini