Minggu, 09 Mei 2021,


seratus-lansia-warga-desa-kwarasan-jadi-sasaran-vaksinasi-covid19-tahap-keduaPetugas medis tengah menyuntikkan vaksin kepada salah seorang warga Desa Kwarasan Kecamatan Juwiring, Rabu (21/4/2021). (masal gurusinga/koranbernas.id)


Masal Gurusinga
Seratus Lansia Warga Desa Kwarasan Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua

SHARE

KORANBERNAS.ID, KLATEN -- Progam vaksinasi Covid-19 tahap dua di Desa Kwarasan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten, Rabu (21/4/2021), masih menyasar pada warga Lansia. Pelaksanaan vaksinasi yang berlangsung di aula kantor desa setempat, dimulai pukul 08:00 WIB hingga selesai.


Pelaksanaan vaksinasi melibatkan tenaga medis dan bidan desa setempat. Camat Herlambang Jaka Santosa dan Kepala Desa Kris Sutrininingsih meninjau langsung kegiatan tersebut.


Untuk menghindari terjadinya kerumunan warga, petugas menjadwal jam pelayanan berdasarkan dusun masing-masing.

"Wilayah Kadus Satu jam 08:00 WIB, Kadus Dua jam 09:00 WIB dan Kadus Tiga jam 10:00 WIB," kata Keksi Endang Setyowati, Bidan Desa Kwarasan, kepada koranbernas.id, di lokasi.


Keksi menceritakan, vaksinasi tahap dua ini sasarannya 100 lansia. Namun dalam perjalannya ada warga yang tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan, seperti tensi tinggi.


"Ada dua yang tadi tensinya tinggi. Yang satu setelah diberi obat dan diobservasi ternyata bisa divaksin setelah tensi normal. Tapi yang satu tetap tidak bisa karena tensinya tinggi terus. Sampai 200," jelasnya.


Kepala Desa Kwarasan, Kris Sutrininingsih, menjelaskan secara keseluruhan proses vaksinasi tahap dua berjalan lancar dan mematuhi protokol kesehatan.

Warga yang hendak divaksin adalah lansia berumur di atas 60 tahun. Kesadaran warga taat prokes sudah tinggi. Terbukti semua datang memakai masker dan mencuci tangan pakai sabun sebelum memasuki ruangan.

Beberapa permasalahan di lapangan, seperti masih adanya warga yang takut divaksin, ada juga warga yang tidak masuk sasaran, bisa diatasi melalui sosialisasi.

Sunarno, salah seorang warga yang telah divaksin, mengatakan dirinya tetap sehat. "Alhamdulillah sehat," kata warga Dusun Bogoran Jetis RT 1/RW 5 dengan semangat. (*)



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini