Minggu, 01 Agu 2021,


ribuan-pelamar-berburu-pekerjaan-di-job-fair-virtualAsisten Administrasi dan Kesra, Pram Prasetya Achmad (berpeci), saat meninjau stan job fair didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Gathot Suprapto. (wahyu nur asmani/koranbernas.id)


Wahyu Nur Asmani EW
Ribuan Pelamar Berburu Pekerjaan di Job Fair Virtual

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Pemkab Purworejo melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja melaksanakan pameran bursa kerja, Job Fair Virtual, 15-16 Juni 2021. Asisten Administrasi dan Kesra Pemkab Purworejo, Pram Prasetya Achmad, membuka job fair yang digelar di Ganesha Convention Hall, Selasa (15/06/2021).


Acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, unsur Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, BPBD dan beberapa pejabat lainya.


Pram Prasetya mengatakan, job fair yang dilakukan secara virtual ini adalah yang pertama kalinya di provinsi Jawa Tengah. “Ini adalah salah satu adaptasi yang baik dalam masa pandemi. Di sisi lain kita tetap harus menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat, namun juga tetap memperhatikan pandemi yang belum usai,” katanya.

Diharapkan job fair virtual ini tidak mengurangi antusias para pencari kerja dan tidak mengurangi kemanfaatan inti kegiatan. “Job fair tetap dilaksanakan meski melalui virtual mengingat banyaknya pencari kerja yang terdaftar di Dinperinaker yaitu sebanyak 2.124 orang yang tentunya membutuhkan informasi lowongan pekerjaan,” ucapnya.

Banyaknya jumlah pencari kerja tersebut, lanjutnya, mengisyaratkan masih banyak warga yang belum mendapatkan pekerjaan dan berkurangnya lapangan pekerjaan akibat Covid 19.


“Oleh karena itu penyelenggaraan Job Fair Virtual kita harapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan penempatan tenaga kerja dan berdampak pada berkurangnya angka pengangguran di Kabupaten Purworejo,” harapnya.

Sedangkan Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Gathot Suprapto, menyebut pada Job Fair Virtual tahun 2021 ini tersedia 3.261 lowongan pekerjaan dari 25 perusahaan. Sedangkan pendaftar atau pencari kerja mencapai 1.591 orang. Setelah persyaratan dinyatakan lengkap, maka pihak perusahaan akan melakukan wawancara dengan pencari kerja secara virtual melalui sambungan telepon.

“Tentunya kita harapkan banyak anak-anak kita yang dapat terserap sesuai dengan minat bakat dan kebutuhanya, apalagi kan ini ada 25 perusahaan dari dalam maupun luar Purworejo, baik mulai dari garmen, tekstil, perbankan, swalayan, kontraktor yang mempunyai berbagai macam posisi seperti operator produksi, marketing, store crew, supervisor dan sebagainya,” ujarnya.

Salah satu perusahaan yang mengikuti job fair adalah Lembaga BUMN Penanaman Modal Madani (PMM) Mekar yang diinisiasi Presiden Joko Widodo tahun 2105 dan sudah berkembang di Kabupaten Purworejo.

PMM ditujukan bagi ibu-ibu prasejahtera yang membutuh modal usaha. Maka PMM Mekar membantu dengan persyaratan tertentu. Tim dari Mekar yang akan memberikan sosialisasi kepada ibu-ibu sebagai mitra.

"Tim kami akan memberikan sosialisasi kepada ibu-ibu dengan persyaratan cukup mudah, dengan fotokopi KTP dan KK. Untuk membayaran angsuran berdasar kemampuan. Ada yang Rp 50 ribu atau bahkan ada yang membayar Rp 25 ribu,” ujarnya.

"PMM Mekar di Purworejo sudah memiliki 7 kantor cabang untuk Kemiri, Bruno, Pituruh, Kutoarjo Purwodadi dan Loano Purworejo dan akan buka cabang ke 8 dikecamatan Bayan. Untuk itu kami membutuhkan banyak karyawan untuk cabang baru kami," jelas Ilham, wakil dari PMM Mekar Purworejo kepada koranbernas.id. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini