Puluhan Pegawai Pemda DIY Mengikuti Fashion Show, Kenalkan Produk Teras Malioboro 1

Puluhan Pegawai Pemda DIY Mengikuti Fashion Show, Kenalkan Produk Teras Malioboro 1
Para model menampilkan busana dari Teras Malioboro 1 dalam Fashion Show di kawasan tersebut, Selasa (2/5/2023). (yvesta putu ayu palupi/koranbernas.id)
Puluhan Pegawai Pemda DIY Mengikuti Fashion Show, Kenalkan Produk Teras Malioboro 1

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Puluhan pegawai di lingkungan Pemda DIY mengikuti fashion show di Teras Malioboro 1 Yogyakarta, Selasa (2/5/2023). Yang menarik, dalam fashion show tersebut, mereka mengenakan bahan pakaian yang dijual di Teras Malioboro 1.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop UKM) DIY Srie Nurkyatsiwi mengungkapkan fashion show digelar dalam rangkaian peringatan Hari Kartini. Kegiatan tersebut sengaja digelar di Teras Malioboro untuk memamerkan produk-produk yang dimiliki pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Jadi salah satu tidak bisa dilepaskan strategi Pemda melalui UPT Layanan Bisnis ada beberapa strategi traffic, bagaimana pemasaran harus terus kita lakukan. Salah satunya hari ini lomba fashion show yang menampilkan produk-produk teman-teman Teras Malioboro,” paparnya.

Menurut Siwi, produk di Teras Malioboro memiliki kualitas yang terjaga. Terutama untuk produk fesyen yang merupakan kekuatan dari UMKM lokal, mulai dari kain batik, pakaian pria dan perempuan hingga aksesoris beragam jenis.

Karenanya para model mengenakan beragam jenis produk yang dijual para pedagang. Mereka memadu-padankan hingga menjadi sesuai dengan konsep tata busana. Fashion show ini bahkan menjadi etalase berjalan. Dengan harapan dapat menarik minat para pengunjung melalui tampilan visual.

Kegiatan kali ini juga melibatkan beragam organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemda DIY. Masing-masing mengirimkan perwakilan untuk berlenggak-lenggok peragaan busana dari Teras Malioboro 1.

“Ini mengenalkan di sini lho Teras Malioboro, mengenalkan isi tenant ada apa saja. Memang dalam melakukan pendampingan kita tidak bisa sendiri, pasti kolaborasi sinergitas. Beberapa OPD juga mendukung,” paparnya.

Siwi berharap ke depan ada pendampingan berupa pembinaan. Berupa peningkatan hospitality atau keramahan pelayanan publik. Dengan tujuan memberikan kenyamanan kepada pengunjung saat berbelanja.

Pendekatan ini untuk menguatkan citra positif Teras Malioboro. Pusat perbelanjaan, menurutnya, tidak lengkap jika tanpa pelayanan yang ramah. Sehingga Siwi menilai perlu ada pembinaan dan pendampingan intens kepada para pedagang.

“Kita lakukan pembinaan pendampingan bagaimana cara melayani, bagaimana produk tadi bisa kelihatan, tidak kalah kualitasnya, desainnya kita publish. Teras Malioboro memang tempat belanja wisatawan di Yogyakarta," tandasnya. (*)