Kamis, 04 Mar 2021,

beri-kenyamanan-publik-sebanyak-660-hotel-di-jogja-berlabel-tiket-cleanFerdinand Siregar, Yanita Kusumasari dan Sandra Darmosumarto berbincang usai Media Group Discussion dalam rangka roadshow FAM trip perdana tiket.com 2021 di Yogyakarta. (warjono/koranbernas.id)


Warjono
Beri Kenyamanan Publik Sebanyak 660 Hotel di Jogja Berlabel tiket CLEAN

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA — Sedikitnya 660 hotel yang ada di Yogyakarta, sudah mengantongi label tiket CLEAN daritiket.com. Modal ini menjadi sangat penting di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Dalam Media Group Discussion, Kamis (18/02/2021) siang, dalam rangka roadshow FAM trip perdana tiket.com di tahun 2021, Area Manager West Indonesia tiket.com Ferdinand Siregar mengatakan, labelisasi tiket CLEAN merupakan bagian dari usaha pionir online travel agent (OTA) di Indonesia ini, mendukung upaya pemerintah mendorong bergeraknya perekonomian nasional.


Dengan label tiket CLEAN, tamu yang semula masih ragu atau was-was mengenai keamanan dan kesehatan hotel yang mereka tuju, diharapkan tidak terjadi lagi.

“Kami menerapkan prosedur yang sangat ketat sebelum hotel mendapatkan label itu. Semua kita cek dan kita pastikan memenuhi standar internasional dalam penerapan protokol kesehatan,” kata Ferdi.


Labelisasi tiket CLEAN dan berbagai upaya yang dilakukan, lanjut Ferdi, mulai membuahkan hasil guna mendorong bergeraknya perekonomian di sektor pariwisata. Berdasarkan data tahun 2020, pada kuartal atau Q3 ke Q4, tiket.com terus memecahkan rekor dan mencetak prestasi dalam pencapaian penjualan dan juga pemesanan hotel.

Tingkat pemulihan hunian hotel terus mengalami lonjakan sebesar 122 persen. Sedangkan kontribusi bisnis akomodasi secara keseluruhan melonjak sebesar 118 persen (termasuk NHA-non hotel accomodation).

“Kami mencatat bahwa angka pemesanan hotel di Kota Yogyakarta naik sebesar 109 persen dari Q3 ke Q4 tahun 2020. Hal ini menunjukkan animo masyarakat yang tinggi untuk kembali liburan atau mengganti suasana dengan melakukan staycation ataupun work from hotel di hotel dekat rumah,” katanya.

Secara nasional, terdapat lebihdari 10.600 hotel di Indonesia yang telah mendapatkan label tiket CLEAN. Khusus di Kota Yogyakarta, 660 hotel telah berlabel tiket CLEAN. Jumlah mitra hotel yang berlabel tiket CLEAN pun bertumbuh rata-rata  40 persen per kuartal.

Public Relations Manager tiket.com, Sandra Darmosumarto menambahkan, bagi pengguna aplikasi tiket.com, kehadiran informasi hotel berlabel tiketCLEAN akan membantu mempermudah pengambilan keputusan bagi konsumen yang hendak mencari akomodasi.  Selain terlihat dalam aplikasi tiket.com, label tiket CLEAN juga terletak di front desk mitra hotel sehingga pengunjung atau calon tamu yang bukan pengguna aplikasi, dapat merasa lebih nyaman menetap di hotel tersebut.

“Sekarang pelanggan tidak perlu ragu untuk bepergian dan menginap di akomodasi pilihan. Kami telah memberikan pilihan akomodasi yang sudah CHSE dan tiket CLEAN, dengan hanya memilih filter InDOnesia CARE saat akan memilih akomodasi,” kata Sandra.

Director of Sales & Marketing Hotel MeliaPurosani, Yuni Kusumasari mengakui dampak positif dari labelisasi tiket CLEAN ini. Meskipun masih jauh bila dibandingkan tingkat hunian 2019. Namun, kini tamu mulai berdatangan dan menginap.

“Juli 2020, kunjungan wisatawan sebenarnya mulai bergerak pulih, terutama di momen liburan.Tapi sektor ini  kan memang rentan dengan isu dan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, misalnya terkait pembatasan pergerakan atau mobilitas warga. Ini yang membuat tamu kita kemudian berpikir ulang untuk melancong. Tapi kalau kondisi saat ini masih bisalah untuk bertahan sembari menunggu program vaksin nasional berjalan,” ujarnya. (*)

 



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini