Program Jumpa Lebah Memudahkan Peserta JKN Mengakses Layanan Administrasi
Masyarakat dapat lebih mudah dan cepat mendapatkan layanan administrasi JKN.
KORANBERNAS.ID, KEBUMEN --- BPJS Kesehatan sebagai badan penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berkomitmen memberikan pelayanan yang mudah kepada masyarakat.
Salah satu inovasi layanan yakni kegiatan Jemput Peserta Lebih Mudah (Jumpa Lebah) yang mendekatkan petugas dalam melayani peserta JKN.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen, Dany Saputro, mengatakan kegiatan Jumpa Lebah berupa sosialisasi langsung kepada warga, sekaligus melakukan pelayanan administrasi JKN secara langsung di lokasi sosialisasi. Kegiatan ini agar masyarakat dapat lebih mudah dan cepat mendapatkan layanan administrasi JKN.
“Kegiatan turun langsung lapangan seperti ini merupakan upaya BPJS Kesehatan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Dany Saputro usai kegiatan Jumpa Lebah di Kelompok Pemberdayaan Kesehatan Keluarga (PKK) RT 03 RW 01 Kelurahan Kebumen, Senin (12/2/2024).
Program tersebut rutin dilaksanakan untuk menjangkau masyarakat wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Kebumen. Masyarakat dapat mengakses beragam layanan administrasi.
ARTIKEL LAINNYA: Nelayan Pasir Kebumen Panen Bawal Putih, Ada yang Berpenghasilan Rp 15 Juta Sekali Tangkap
Dari pendaftaran peserta, cek status keaktifan kepesertaan, perubahan data peserta, permintaan informasi dan beragam pelayanan administrasi lainnya.
“Pada kegiatan ini kami juga menyampaikan kepada masyarakat bahwa pentingnya setiap individu terdaftar dan aktif kepesertaannya. Dengan menjadi peserta JKN, masyarakat dapat dengan mudah memperoleh pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan," ujar Dany.
BPJS Kesehatan juga menyampaikan manfaat program Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab) yang dapat diakses melalui aplikasi Mobile JKN sebagai solusi bagi masyarakat yang memiliki tunggakan.
Masyarakat dapat mengajukan pembayaran tunggakan iuran secara bertahap, dan kepesertaannya aktif setelah seluruh tunggakan iurannya dilunasi.
“Peserta JKN yang merasa terkendala membayar tunggakan secara sekaligus, bisa mengikuti Program Rehab yang dapat didaftarkan melalui aplikasi Mobile JKN,” kata dia.
ARTIKEL LAINNYA: Pemkab Kebumen Gelar Doa Bersama, Berharap Pemilu 2024 Aman
Petugas pelaksana program Jumpa Lebah menjelaskan mengenai kanal layanan non-tatap muka yang dimiliki BPJS Kesehatan. Layanan non-tatap muka antara lain Pandawa (Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp), Mobile JKN, Chika, Care Centre 165 dan website BPJS Kesehatan. Layanan ini juga dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang menghendaki pelayanan tanpa perlu datang ke kantor.
Tujuannya agar masyarakat dapat merasakan pelayanan yang semakin mudah, cepat dan setara.
“Semakin banyak kemudahan yang bisa diperoleh peserta JKN, cukup dari rumah, tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan, masyarakat dapat dengan mudah mengakses pelayanan administrasi JKN,” tambahnya.
Saat ini peserta JKN yang hendak mengakses pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan, dapat menggunakan KTP ataupun Kartu Keluarga.
Peserta JKN yang telah terdaftar dan tidak memiliki kartu, tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk mencetak kartunya.
ARTIKEL LAINNYA: Bupati Kebumen Tegas, Tidak Meminta Upeti Promosi Jabatan
“Kalau mau berobat, tidak usah bingung cari kartu JKN-nya, bisa menunjukan Nomor Induk Kependudukan yang ada di KTP,” ujarnya.
Seorang warga Kus Haryati (50) mengatakan, informasi yang disampaikan pada kegiatan Jumpa Lebah sangat bermanfaat. Dia mengapresiasi BPJS Kesehatan yang turun langsung ke masyarakat untuk mengedukasi dan memberikan pelayanan administrasi JKN.
Kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan dapat memudahkan masyarakat mengakses pelayanan administrasi JKN. “ Tadi saya sudah cek kepesertaan saya dan juga mengubah dokter keluarga saya. Saat ini sudah bisa digunakan," ujar Kus Haryati.
Program tersebut diharapkan terus berlanjut sehingga masyarakat khususnya peserta JKN bisa lebih mudah dan cepat memperoleh pelayanan administrasi. (*)