Peserta JKN Berkomitmen Hidup Sehat agar Tidak Sakit
KORANBERNAS.ID, KEBUMEN--Sakit merupakan kondisi yang tidak dapat diprediksi oleh siapapun, dan bisa datang secara tiba-tiba tanpa memandang usia. Dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan rutin berolahraga merupakan salah satu upaya agar tetap sehat.
Ini komitmen dan pemahaman peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Nilah Farida Setia Arining Tias (18), warga Desa Peneket Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen.
Menjaga kesehatan harus menjadi kebiasaan sejak masih berusia muda. Namun ada hal yang tidak kalah penting selain menjaga kesehatan, yakni memiliki jaminan kesehatan untuk menjamin biaya pengobatan yang saat ini semakin mahal. Untuk itu, ia memastikan dirinya dan keluarganya terdaftar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
“Niat awal saya datang ke kantor BPJS Kesehatan Kebumen ingin daftar untuk saya dan keluarga. Ternyata saya dan keluarga sudah terdaftar, didaftarkan dan dibayarkan iurannya oleh Pemda Kebumen,” ujar Tias di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kebumen, Kamis (16/1/2025).
Tias mempercayakan perlindungan kesehatan diri dan keluarganya pada program JKN. Ia meyakini dengan terdaftar menjadi peserta JKN, dia dan keluarganya akan mendapatkan perlindungan kesehatan secara komprehensif. Hampir seluruh penyakit bisa dijamin program JKN dan akses pelayanannya juga sangat mudah, karena hampir semua fasilitas kesehatan telah bekerjasama, termasuk yang berada di pelosok-pelosok daerah.
“Kita semua pasti penginnya tetap sehat-sehat terus. Tapi kalau sakit, kita bisa datang ke faskes tanpa khawatirkan biaya yang akan kita keluarkan untuk berobat,” ujar Tias.
Ia mengaku awalnya sempat sangsi dengan program JKN, karena muncul informasi-informasi negatif di media sosial terkait pelayanan JKN. Tetapi menyadari bahwa informasi yang beredar tersebut merupakan informasi hoax. Hal itu diketahui setelah mengakses informasi di media sosial resmi BPJS Kesehatan.
“Memang sekarang lagi marak beredar info-info yang keliru. Saya harap masyarakat dapat crosscheck dulu dan tidak menelan mentah-mentah informasi itu,” ujar Tias.
Dia yakin pemerintah akan mengupayakan yang terbaik bagi masyarakat, bukan malah sebaliknya. Tias mengaku sangat puas dengan pelayanannya. Pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan Kebumen, security langsung mengarahkan untuk pengambilan nomor antrean. Tanpa menunggu terlalu lama, dilayani oleh petugas.
“Pelayanan petugas sangat sopan, cepat dan ramah banget. Administrasinya juga mudah,” ujar Tias
Aplikasi Mobile JKN yang baru saja dia unduh di gawainya. Menurutnya, fitur-fitur yang ada di Aplikasi Mobile JKN sangat lengkap. Bisa melakukan pengecekan keaktifan peserta melalui data peserta, ambil antrean melalui menu pendaftaran online, bahkan dapat melakukan perubahan data tanpa perlu datang ke Kantor BPJS Kesehatan.
“Banyak fitur-fitur yang sangat memudahkan dan membantu. Tapi yang paling mengejutkan saya adalah kita bisa ubah data dari aplikasi Mobile JKN,” kesan Tias. (*)