Perpustakaan UMY Memikat Milenial

Apapun yang dilakukan Perpustakaan UMY tanpa dipromosikan maka tidak akan diketahui.

Perpustakaan UMY Memikat Milenial
Kepala Perpustakaan UMY bersama tim medsos Perpustakaan UMY yang meraih juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024. (istimewa)

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Diiringi semangat berinovasi yang tak pernah padam, Perpustakaan UMY mampu memikat mahasiswa milenial dengan sentuhan kreatif dan konten segar di Instagram.

Akun Instagram @perpustakaan_umy yang dikelola oleh tim sosial media Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kini menjadi primadona di kalangan mahasiswa.

Akun ini pun berhasil meraup followers terbanyak sebagai Instagram perpustakaan se-Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (PTMA) di Indonesia dengan 9.778 pengikut. Prestasi gemilang itu menyabet juara pertama kategori Instagram Terbaik pada Forum Perpustakaan PTMA Awards 2024.

"Alhamdulillah, senang sekali karena ini lomba pertama dan kami langsung jadi juara satu. Semoga  menjadi penyemangat tim pengelola Instagram agar tetap bersemangat dan konsisten terhadap kualitas postingan dan bisa segera mendapatkan centang biru," ungkap Novy Diana Fauzie, Kepala Perpustakaan UMY, Senin (10/6/2024).

Terbaik nasional

Keberhasilan itu menuai apresiasi dari Novy Diana Fauzie yang merupakan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023.

"Pada era digital, apapun yang dilakukan perpustakaan UMY tanpa dipromosikan maka tidak akan diketahui oleh para mahasiswa yang merupakan target pengunjung kita," kata dia.

Kunci kesuksesan terletak pada konten yang disajikan. Eko Kurniawan selaku tim leader sosial media membocorkan rahasianya.

"Mayoritas followers kita adalah mahasiswa, jadi kita usahakan kontennya sesuai dengan kebutuhan mereka seperti tips dan trik, kuis serta layanan perpustakaan," ujarnya.

Tiga kategori

Konten positif yang memperoleh banyak engagement adalah postingan Reels serta konten-konten tips dan trik untuk mahasiswa. Dalam kurasi kontennya, @perpustakaan_umy membagi menjadi tiga kategori: edukatif, informatif dan hiburan.

Fokus utama adalah layanan perpustakaan, tips dan trik menyelesaikan tugas kuliah, kuis berhadiah, hingga rekomendasi jurnal dan lainnya yang dekat dengan kehidupan mahasiswa. Tak heran, interaksi seperti like, komentar dan share pun mengalir deras.

"Rencananya tim akan terus meningkatkan kualitas konten dengan memperbarui konten planning setiap bulan dan bekerja sama dengan Program Studi Ilmu Komunikasi UMY untuk meningkatkan engagement postingan," ujar Eko.

Selain itu, akan diadakan sesi live Q&A di Instagram untuk memberikan kesempatan mahasiswa bertanya seputar layanan perpustakaan. (*)