Kamis, 26 Mei 2022,


pandemi-tunda-kegiatan-desa-di-klatenKepala Desa Pundungan, Danang Setyawan SE (berdiri) saat memaparkan sekilas rencana program desa tahun 2023. (Masal Gurusinga/koranbenas.id))


Masal Gurusinga
Pandemi Tunda Kegiatan Desa di Klaten

SHARE

KORANBERNAS,ID.KLATEN - Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Pundungan Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten tahun 2022 di gedung pertemuan desa setempat, Senin (24/1/2022) berjalan lancar. Dalam forum yang dihadiri tim fasilitasi musrenbangdes kecamatan itu disampaikan beberapa kegiatan yang tertunda pelaksanaannya pada tahun sebelumnya akibat pandemi covid-19 bisa menjadi usulan prioritas pada tahun 2023.


"Sejak tahun 2020, 2021, 2022 pasti ada kegiatan yang ditunda pelaksanaannya walaupun proses perencanaannya sudah melalui musyawarah desa). Dalam musrenbangdes ini disusun kembali mana kegiatan yang menjadi usulan prioritas di tahun 2023, disamping usulan kegiatan lain," kata Suyanto , Tim Fasilitasi Musrenbangdes Kecamatan Juwiring pada Musrenbangdes Pundungan tahun 2022 untuk penyusunan RKPDes tahun 2023, Senin (24/1/2022). 

  • Kami Hanya Bisa Bantu dengan Lagu..
  • Lebih Irit, Gas Melon untuk Pompa Air

  • Ditambahkan, dalam musrenbangdes tim perencanaan desa pasti berpedoman pada RPJMDes (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa). Dan musrenbangdes untuk memenuhi usulan dari masyarakat. 

    Kepala Desa Pundungan, Danang Setyawan SE menjelaskan covid-19 telah mengakibatkan beberapa kegiatan di desanya tertunda pelaksanaannya akibat keterbatasan anggaran. 

  • DPU Waspadai Gorong-gorong Bonyokan Jatinom
  • Ratusan Lembar KIS Tidak Dibagikan

  • Dan kondisi ini berlanjut hingga tahun 2022 dimana desa telah diinstruksikan oleh pemerintah pusat wajib mengalokasikan sebagian dana desanya untuk penanganan covid-19 di wilayah masing-masing. 

    "Minimal 40 persen untuk BLT (bantuan langsung tunai), 20 persen untuk program ketahanan pangan dan 8 persen untuk penanganan covid-19," ujarnya. 

    Beberapa kegiatan yang sudah direncanakan pada tahun sebelumnya namun tidak bisa dilaksanakan, diantaranya perayaan hari besar keagamaan dan kegiatan kesenian. Sedangkan kegiatan PKK dan posyandu dikurangi porsinya dan pembangunan gedung kesenian dilakukan secara bertahap. 

    "Tentu ada masyarakat yang kecewa, tapi harus kita sampaikan. Sebab kita melaksanakan instruksi dari pusat," kata Danang pada acara yang dihadiri BPD, Ketua PKK, karang taruna, linmas, pendamping desa, KPMD, BUMDes, RT dan RW itu. 

    Sedangkan di tahun 2023, Danang Setyawan sekilas memaparkan program kerja diantaranya, peningkatan pelayanan masyarakat, pelayanan administrasi kependudukan gratis dan jaminan keselamatan kerja kepada ketua RT dan RW. 

    Musrenbangdes Pundungan tersebut juga menyepakati empat kegiatan yang akan diusulkan pada musrenbang tingkat kecamatan mendatang. Empat kegiatan tersebut, penerangan jalan umum, drainase jalan, talud jalan dan perbaikan jembatan sindon/mrisen. (*)



    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini