Nasabah Kecewa, Tabungan di Bank Hilang Hampir Rp 100 Juta, Tersisa Rp 157 Ribu

Nasabah Kecewa, Tabungan di Bank Hilang Hampir Rp 100 Juta, Tersisa Rp 157 Ribu

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Dewi Nurkasih warga Jalan Letjen Suprapto Kelurahan Mranti Kecamatan dan Kabupaten Purworejo Jawa Tengah kecewa lantaran uang tabungan yang disimpan di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Purworejo hilang hampir Rp 100 juta.

"Awalnya saat saya cek saldo Tabungan BRI kok habis, tersisa Rp 157 ribu, padahal saya tidak pernah mengambilnya. Saya mendatangi customer service BRI Cabang Purworejo mendapatkan informasi penarikan dilakukan oleh atas nama Arta warga Pandeglang Jawa Barat pada 4 Septemner 2022 pukul 12:11:42 sebesar Rp 97 juta dan pukul 21:33:00 sebesar Rp 1,5 juta," terang Dewi didampingi suami di Kantor LSM Tamperak Purworejo, Senin (10/10/2022).

Dia mengatakan beberapa kali sudah meminta keterangan dari manajemen BRI Cabang Purworejo. Akhirnya, Dewi didampingi suami meminta pendampingan hukum dari LSM Tamperak Purworejo.

"Saya bersama LSM Tamperak sudah meminta keterangan dengan manajemen BRI Cabang Purworejo,  dan disuruh menunggu beberapa saat, karena BRI Cabang Purworejo akan konsultasi dengan jajaran di atasnya. Setelah beberapa hari kami menununggu, akhirnya mendapatkan jawaban hilangnya uang kami bukan tanggung jawab BRI," ujarnya kesal.

Dewi dan suaminya sangat kecewa. "Pihak BRI mengatakan hilangnya uang kami itu menjadi tanggung jawab nasabah. Padahal jelas bukan kami yang menarik uang, tetapi pihak lain atas nama Arta warga Pandeglang, kami mempertanyakan data base nasabah kok bisa keluar dari BRI tanpa sepengetahuan nasabah," sebutnya.

Dia berharap agar dana yang ditarik pihak luar bisa kembali lagi ke rekening pemilik sah atas nama Dewi Nurkasih.

Ketua DPD LSM Tamperak, Sumakmun, mengatakan terkait hilangnya uang tabungan kliennya, pihaknya telah melapor ke Polres Purworejo.

"Bu Dewi sudah memenuhi panggilan Polres Purworejo untuk pembuatan berita acara pemeriksaan (BAP). Sampai saat ini kliennya belum mendapatkan panggilan dari Polres lagi," terang Makmun.

Selain melaporkan kejadian skimming (pembobolan uang nasabah bank) ke Polisi, pihaknya juga akan melapor ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Manajer BRI Cabang Purworejo, Dewi Sari, saat dihubungi koranbernas.id via pesan singkat, Senin (10/10/2022), terkait hilangnya uang tabungan nasabah BRI atas nama Dewi Nurkasih, belum bisa memberikan tanggapan. (*)