DIY Berlakukan New Normal, Layanan Online Jadi Pilihan Alternatif

DIY Berlakukan New Normal, Layanan Online Jadi Pilihan Alternatif

KORANBERNAS.ID, JOGJA -- Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak bagi banyak sektor dan menjadi perhatian semua pihak. Di tengah anjuran pemerintah agar masyarakat beraktivitas di rumah dan menjauhi keramaian, namun masih ada yang harus terus berjuang di luar rumah untuk memenuhi berbagai kebutuhan, termasuk para tenaga medis sebagai garda terdepan.

Oleh karena itu, Grab telah melakukan berbagai inisiatif demi membantu pemerintah menekan laju penyebaran wabah COVID-19 termasuk persiapan untuk skema New Normal, yaitu dengan adanya GrabBike Protect dan Pasukan Siaga COVID-19. Selain itu, Grab juga turut melakukan upaya membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa keluar rumah dengan layanan GrabExpress, GrabMart, dan GrabAssistant.

“Sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah program pemerintah DIY, Grab siap membantu dengan berbagai inisiatif yang kami jalankan demi menekan penyebaran virus saat ini. Dimulai dari inisiatif memberikan proteksi lebih pada armada GrabBike untuk memastikan kebersihan dan keselamatan berkendara, hingga menyediakan layanan untuk terus memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa harus keluar rumah. Kami harap dukungan yang kami berikan bisa terus memberikan kemudahan dan kenyaman bagi masyarakat di tengah pandemi ini,” jelas Nurwahid, Government Relations Yogyakarta, Grab Indonesia, Rabu (3/6/2020).

Menurut Nurwahid, sebagai garda terdepan melayani masyarakat, mitra pengemudi Grab diharapkan untuk bisa selalu menaati protokol pencegahan COVID-19 disetiap orderan. Rajin mencuci jaket,mencuci tangan, menjaga box pengantaran makanan serta menjemur uang yang diterima. Sebab saat ini masyarakat sangat mengedepankan layanan online dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain meluncurkan GrabBike Protect, Grab Yogyakarta juga menghadirkan Pasukan Pejuang COVID-19 yang berperan untuk membantu para tenaga medis melalui layanan pengantaran GrabExpress dan GrabFood dari dan ke Rumah Sakit rujukan COVID-19, memberikan kode promo khusus layanan GrabBike khusus untuk tenaga medis.

Grab juga akan memberikan fasilitas rapid test COVID-19 untuk ratusan mitra pengemudi dan para tenaga medis di DIY melalui layanan GrabHealth yang bekerja sama dengan Good Doctor untuk memastikan kesehatan para mitra.

Dalam hal memenuhi kebutuhan harian masyarakat, Grab juga menghadirkan GrabExpress, GrabMart, dan GrabAssistant. Melalui kerja sama dengan sejumlah warung kelontong, toserba, supermarket, pedagang lokal, dan badan pemerintah daerah, Grab siap memfasilitasi layanan berbelanja dan mengantarkan kebutuhan sehari-hari dari berbagai pilihan toko dan pedagang untuk mendukung masyarakat tetap tinggal di rumah.

Sejak awal pandemi di Indonesia, Grab telah meluncurkan gerakan #KitaVSCorona yang terdiri dari berbagai inisiatif guna mendukung upaya melawan COVID-19. Sebelumnya, Grab Yogyakarta telah membagikan sembako, masker, hand sanitizer, dan vitamin serta melakukan penyemprotan desinfektan pada kendaraan untuk mitra pengemudi GrabBike, GrabCar serta fasilitas publik dengan bekerja sama dengan pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Grab juga turut mendukung Pemda DIY untuk memerangi virus ini dengan membagikan 2.000 paket makanan kepada para tenaga medis yang bekerja sama dengan lebih dari 30 mitra GrabFood, peletakan alat cuci tangan portable di beberapa titik ramai, dan bekerja sama dengan beberapa organisasi sosial untuk pembagian sembako kepada mitra pengemudi Grab yang terkena dampak dari pandemi ini.

"Kami akan terus siap dan rutin melakukan upaya sebagai bagian dari dukungan dan kerja sama dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya untuk menangani dan menekan penyebaran wabah COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta. “Saat ini diluncurkan 30 unit separator sebagai inovasi baru dari Grab yang diharapkan dapat membantu memutus rantai penyebaran COVID-19. Di bulan juni nanti akan diproduksi dengan jumlah yang lebih banyak lagi," tandasnya.

Pemda DIY dan Polresta Kota Yogyakarta memberikan apresiasi untuk management Grab yang telah berinovasi dan berkontribusi untuk bersama pemerintah berupaya memutus rantai penyebaran COVID-19. Juga kepada mitra pengemudi yang telah menjadi Pasukan Pejuang COVID-19,

Selain selalu menjaga keamanan dalam berkendara, mereka juga menjalankan protokol pencegahan serta Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Hal ini tentunya membuat pelanggan dan pengemudi sama-sama merasa aman, nyaman, dan terlindungi.

Kadishub DIY, Tavip Agus Rayanto berharap Grab Indonesia cabang Yogyakarta bisa terus turut aktif berperan serta dalam mendukung program pemerintah dan juga selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat DIY.(*/yve)