Kamis, 21 Jan 2021,


masjid-agung-purworejo-tetap-berkegiatan-ramadhan-seperti-tahun-laluNajib Syarifrudin, Ketua Takmir Masjid Agung Purworejo. (w asmani/koranbernas.id)


asmani

Masjid Agung Purworejo Tetap Berkegiatan Ramadhan Seperti Tahun Lalu


SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Di tengah pandemi Covid-19, Masjid Agung Purworejo yang berlokasi di barat Alun-alun Purworejo, tetap melakukan kegiatan ramadhan seperti tahun lalu.

"Tahun ini karena pandemi Covid-19, ada bebarpa protokol sesuai anjuran pemerintah kami lakukan. Jamaah wajib mengenakan masker dan tidak bersalam-salaman. Kami juga menyediakan hand sanitizer di setiap pintu masjid," kata Najib Syarifrudin, Ketua Takmir Masjid Agung Purworejo, di kediamannya, kepada koranbernas.id, Jumat (24/4/2020).

  • DPRD Kebumen Alokasikan Anggaran Rp 3,5 Miliar untuk Percepatan Penanganan Covid-19
  • Rumah Sakit Darurat Khusus Siap Merawat ODP dengan Rapid Tes Re-aktif

  • Selama pandemi Covid-19, pintu utama masjid agung ditutup, karena masjid dikhususkan untuk jamaah lokal saja. “Yang kami buka pintu samping. Kalau bukan warga sekitar masjid, tidak akan tahu," katanya.

    Najib menambahkan, pada malam sebelum puasa ramadhan, Masjid Agung Purworejo juga melaksanakan shalat tarawih. "Tadi malam kami juga menyelenggarakan shalat tarawih. Jamaah laki-laki sekitar lima baris dan jamaah perempuan sekitar 25 orang. Jumlah jamaah sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Kalau tahun lalu jamaah sampai di serambi masjid," paparnya.

    Menurut Najib, selama ramadhan pihaknya juga mengadakan pengajian rutin setelah sholat ashar sampai menjelang buka bersama. Namun pihak masjid tidak menyediakan takjil. Seumpama ada orang yang membantu takjil, bisa diterima panitia.

    Untuk kuliah tuju menit (kultum), katanya, diselenggarakan setelah sholat subuh, setelah sholat ashar dan setelah sholat isyak.

    “Untuk ibadah sholat Jumat, kami hanya sekali meniadakan pada saat ada imbauan dari MUI Purworejo dan Bupati Purworejo. Setelah itu, sholat Jumat tetap diselenggarakan untuk masyarakat sekitar masjid,” katanya.

    "Selama masa pandemi Covid-19, jamaah masjid sedikit sekali. Semoga pandemi Covid-19 segera selesai, peribadatan bisa normal kembali, orang- orang tidak takut ke masjid lagi," lanjutnya. (eru)

  • Tiba di Mess Rumah Dinas Bupati, Tim Dokter Disambut Dukungan Warga
  • Ini Cara Pematung Yusman Berperang Melawan COVID-19



  • SHARE
    '

    BERITA TERKAIT

    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini