jangan-asal-percaya-perawatan-stemcell-murah Yusri Dinuth, dokter estetika dan kecantikan Klinik Dokter Yusri Dinuth, Kamis (12/12/2019).(yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)


yvesta

Jangan Asal Percaya Perawatan Stemcell Murah


KORANBERNAS.ID -- Seiring berkembangnya teknologi di bidang kesehatan, pengobatan atau perawatan menggunakan stemcell atau sel punca dipercaya menjadi salah satu cara yang efektif. Tak hanya dimanfaatkan untuk pengobatan atau terapi, stemcell pun sekarang ini ditawarkan untuk perawatan kecantikan atau estetika.

Beberapa klinik atau salon kecantikan, termasuk di Yogyakarta menawarkan harga yang murah untuk perawatan menggunaan stemcell. Namun seringkali perawatan itu tidak disebutkan dari mana asal stemcell tidak disebutkan. Padahal perawatan dengan memanfaatkan stemcell yang diolah dari laboratorium tersertifikasi internasional tidaklah murah.


Baca Lainnya :

"Bisa jadi perawatan yang mengatasnamakan stemcell dengan harga yang murah itu bukanlah ekstrak stemcell dari olahan laboratorium tersertifikasi tapi stemcell dari buah-buahan," ujar Yusri Dinuth, dokter estetika dan kecantikan Klinik Dokter Yusri Dinuth, Kamis (12/12/2019).

Karenanya bagi yang ingin melakukan perawatan Derma stemcell harus hati-hati dalam memilih klinik. Sebab belum banyak klinik estetika yang dipercaya Kementerian Kesehatan dalam memanfaatkan stemcell olahan laboratorium yang harus diimpor dari luar negeri dan melalui pengawasan yang sangat ketat.


Baca Lainnya :

Di Yogyakarta misalnya, baru Klinik Dokter Yusri Dinuth yang memiliki perawatan derma stemcell. Perawatan estetika menggunakan ekstrak secretome stemcell ini bisa dilakukan oleh dokter yang terseleksi Kemenkes. Diluar itu, stemcell digunakan untuk terapi di Rumah Sakit (RS) yang ditunjuk Kemenkes.

"Untuk bisa perawatan derma stemcell dengan ekstrak secretome ini bahkan kadangkala harus antri karena stemcell harus diimpor dengan pengawasan yang ketat," jelasnya.

Menurut dokter yang hoby menyanyi dan menjadi salah satu jebolan dari The Voice Indonesia ini, untuk mengenali perawatan derma stemcell yang asli sebenarnya tidak sulit. Stemcell yang dimanfaatkan untuk lifting atau anastesi tidak mengandung antibiotik dan berwarna bening. Stemcell ini harus disimpan beku di pendingin dan baru dikeluarkan saat pemakaian sehingga tidak bisa distok banyak-banyak. Selain itu stemcell ini hanya bertahan dua hingga tiga bulan saat disimpan.

Terkait harga perawatan derma stemcell, Yusri mencontohkan di kliniknya di Jalan Kabupaten, Yogyakarta berkisar Rp 5 juta untuk sekali perawatan. Hasilnya kulit akan terlihat lebih cerah, kenyal dan sehat selama 6 bulan hingga 1 tahun.

"Derma stemcell ini pun perawatannya bukan disuntik tapi anastesi. Satu kali perawatan akan bisa terlihat hasilnya dalam waktu yang cepat karena pada dasarnya perawatan ini mempercepat pertumbuhan sel baru," jelasnya.(yve)


TAGS:

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini