hapus-un-jk-sebut-mas-mendikbud-ciptakan-generasi-lembek Mantan Wapres, Jusuf Kalla (JK) memberikan selamat kepada Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir yang dikukuhkan sebagai gubes di UMY, Kamis (12/12/2019). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)


yvesta

Hapus UN, JK Sebut Mas Mendikbud Ciptakan Generasi Lembek


KORANBERNAS.ID -- Mantan Wakil Presiden (wapres), Jusuf Kalla (JK) menyatakan, kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (mendikbud), Nadiem Makarim yang menghapus Ujian Nasional (UN) pada 2021 mendatang tidaklah tepat. Rencana tersebut justru akan menciptakan generasi Indonesia yang lembek.

"Jangan menciptakan generasi muda yang lembek," ungkap JK disela menghadiri pengukuhan guru besar Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Kamis (12/12/2019).

Program UN sudah berjalan sejak 2003. Ujian tersebut digunakan untuk pemetaan pendidikan di Indonesia. Karenanya sebelum kebijakan tersebut digulirkan, JK akan membicarakannya. Hal itu penting untuk dikaji secara bersama-sama.

"Nanti kita bicarakan penghapusan UN, itu pentinglah," tandasnya.

Sebelumnya Nadiem membuat kebijakan UN akan dihapuskan dan diganti dengan asesmen kompetensi minimum dan survei karakter. Kebijakan baru digulirkan agar siswa dan sekolah lebih tertantang dalam meningkatkan mutu pendidikan.(yve)


TAGS:

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini