atas1

Ini Yang Wajib Dikunjungi Saat di Belanda
Catatan Ringan dari Amsterdam

Minggu, 16 Feb 2020 | 15:04:47 WIB, Dilihat 780 Kali
Penulis : B Maharani
Redaktur

SHARE


Ini Yang Wajib Dikunjungi Saat di Belanda Salah satu kanal di dekat stasiun Dam, Amsterdam. Didokumentasikan malam hari. (istimewa)

Baca Juga : PKS Kota Yogyakarta Beri Kartu Diskon Belanja untuk 2.500 Anggota Baru


KORANBERNAS.ID, AMSTERDAM -- Jika ke Belanda tidak menikmati atau mengabadikan kincir angin dan kanal, rasanya belumlah sah. Dua hal tersebut dikenal sebagai ikon negeri Belanda.

Kali ini penulis memberikan catatan ringan saat di Amsterdam. Siapa yang tak kenal dengan negara yang terkenal dengan sebutan negeri kincir angin.

Negara Belanda adalah negara berbentuk pemerintahan monarki konstitusional yang berbatasan langsung dengan laut di sebelah barat dan utara, negara Belgia di sebelah selatan, dan negara Jerman di sebelah timur.

Separuh dari daratannya berada di bawah permukaan laut sehingga menyebabkan sebagian besar wilayah negara Belanda terdiri atas dataran rendah. Walaupun demikian, ada juga pegunungan, bukit pasir, dan sungai–sungai indah yang menghiasi dan menambah keindahan negara Belanda ini.

Kincir angin

Kincir angin yang penulis kunjungi berada di Zaanse Schans dengan menggunakan angkutan publik bus. Tiket sebesar 11,5 Euro untuk Amsterdam-Zaanse Schans.

Tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata terkenal di Belanda dan dikunjungi oleh kurang lebih 900 ribu orang per tahun.

Zaanse Schans merupakan salah satu dari dua tempat di Belanda yang masih memiliki cukup banyak kincir angin yang terkonsentrasi dalam satu kawasan. Tempat lainnya adalah Kinderdijk.

Bagi traveler bisa menikmati gratis mendokumentasikan kincir angin atau rumah unik di wilayah Zaanse Schans. Tapi jika masuk, harus membayar. Demikian juga menikmati kuliner coklat, wafel hangat dengan harga yang jangan dikurskan, karena di negeri inipun semua serba mahal.

Jika ingin coklat gratis, ada di salah satu outlet, meski hanya seujung tusuk es krim. Kecil sekali. Tapi, lumayanlah bisa menikmati coklat Belanda.

Di pertengahan Februari ini, angin cukup kencang sehingga rasanya dingin menusuk tulang, apalagi kita yang biasa di musim hujan dan kemarau. Untuk itu bagi traveler yang ingin menikmati winter di Belanda, harus menyiapkan baju hangat yang tebal. Jangan lupa keperluan obat-obatan yang diperlukan.

Selain alamnya yang indah, Belanda juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Masing–masing tempat wisata di Belanda memiliki keunikan tersendiri.

Memang tak lengkap rasanya jika berlibur ke Belanda tanpa mengunjungi wisata kanalnya. Kanal–kanal ini dibangun pada abad ke-17 dan merupakan simbol kebanggaan kota Amsterdam yang memiliki nilai budaya yang sangat tinggi.

Mengingat penulis sedang berada di Amsterdam, maka menikmati kanal tinggal naik angkutan umum. Bisa dengan bus, metro atau kereta, dan turun di stasiun Dam. Berfoto di depan kanal, baik siang atau malam, tetap menarik. Carilah yang ada parkir sepedanya.

Pada tahun 2010 Unesco resmi memasukkan Kanal Amsterdam sebagai salah satu situs warisan budaya dunia.

Kanal–kanal di sini memiliki panjang lebih dari 60 mil atau sekitar 100 km. Yang menarik, dari tempat wisata di Belanda ini adalah Anda bisa berkeliling kota dengan menyusuri kanal–kanal tersebut.

Terdapat 1.500 jembatan, ditambah dengan sekitar 1.500 bangunan monumental yang tentunya akan memberikan pengalaman berlibur yang unik dan berbeda untuk Anda.

Masing-masing negara di Eropa memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri. Happy travelling. (eru)



Minggu, 16 Feb 2020, 15:04:47 WIB Oleh : Sholihul Hadi 528 View
PKS Kota Yogyakarta Beri Kartu Diskon Belanja untuk 2.500 Anggota Baru
Minggu, 16 Feb 2020, 15:04:47 WIB Oleh : Redaktur 306 View
Berbagi Sedekah Santuni Anak Yatim
Minggu, 16 Feb 2020, 15:04:47 WIB Oleh : W Asmani 1065 View
Warga Binaan Rutan Purworejo Meninggal Dunia

Tuliskan Komentar