Garden Festival Hyatt Regency Jadi Destinasi Wisata Alternatif

Kami ingin menjadikan Hyatt Regency Yogyakarta bukan sekadar tempat bermalam.

Garden Festival Hyatt Regency Jadi Destinasi Wisata Alternatif
Suasana Weekend Market Hyatt Regency Yogyakarta. (muhammad zukhronnee muslim/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Tak hanya menawarkan pengalaman menginap mewah, Hyatt Regency Yogyakarta turut menghadirkan destinasi wisata alternatif yang sarat manfaat. Weekend Market Garden Festival yang digelar 25-26 Mei 2024 sukses menghidupkan semangat pemberdayaan UMKM lokal.

Berlangsung di area Merapi Garden pengunjung diajak menikmati suasana akhir pekan yang berbeda. Pop-up market dari 40 jenama lokal terkurasi hadir memanjakan para pengunjung dengan produk-produk berkualitas.

"Kami ingin menjadikan Hyatt Regency Yogyakarta bukan sekadar tempat bermalam, tetapi juga destinasi wisata yang mengangkat potensi UMKM dan kreatif lokal," ungkap Rasya Ardannary, Public Relations Hyatt Regency Yogyakarta saat ditemui, Sabtu (25/5/2024).

Selain berbelanja, pengunjung dapat mengikuti rangkaian workshop kreatif yang dipandu langsung oleh para perajin lokal. Merangkai bunga, membuat minuman herbal hingga meracik parfum dari minyak atsiri menjadi ajang transfer ilmu yang menghibur.

Pada area lain, kelas yoga dan kegiatan wellness lainnya turut meramaikan. Sementara permainan tradisional dan lomba mewarnai-menggambar sukses menghibur keluarga yang membawa anak-anak. Tak dipungut biaya masuk, Weekend Market benar-benar menjadi destinasi wisata alternatif yang terjangkau.

Peduli UMKM

Kolaborasi Hyatt Regency dengan Pasar Keliling ini mencerminkan kepedulian terhadap UMKM, komunitas lokal, serta industri pariwisata dan kreatif di Yogyakarta. Tahun ini, kualitas acara ditingkatkan dengan melibatkan lebih banyak tenant dari Jakarta, Bandung dan tentu saja Yogyakarta.

"Sukses ini membuktikan masyarakat sangat antusias pada acara yang memberdayakan pelaku UMKM sekaligus pengalaman wisata belanja kreatif dan gaya hidup sehat. Tak heran, pengunjung jauh melampaui target 500 orang per hari," tambah Rasya.

Melihat sambutan menggembirakan, Hyatt Regency berencana menjadikan Weekend Market Garden Festival sebagai agenda tahunan, bahkan digelar dua kali dalam setahun mulai 2025. Upaya ini sekaligus mendukung pengembangan desa wisata di sekitar lokasi hotel.

"Saya sangat terkesan dengan kreativitas para pelaku UMKM. Mereka tidak hanya menjual produk, tetapi juga berbagi ilmu dan keterampilan melalui workshop-workshop seru ini," ungkap Citra, salah seorang pengunjung dari Sleman.

Ke depan, Hyatt Regency berharap dapat menghadirkan lebih banyak tenant dan kegiatan yang melibatkan UMKM serta mengangkat kearifan lokal Yogyakarta. Pemberdayaan dan pelestarian budaya lokal akan terus diintegrasikan demi memajukan pariwisata serta membangun citra positif bagi wisatawan mancanegara. (*)