Selasa, 07 Des 2021,


ceporan-alokasikan-dana-desa-rp-20-juta-untuk-pktPuluhan warga dikerahkan dalam program padat karya tunai di Desa Ceporan. (masal gurusinga/koranbernas.id)


Masal Gurusinga
Ceporan Alokasikan Dana Desa Rp 20 Juta untuk PKT

SHARE

KORANBERNAS.ID, KLATEN--Pemerintah Desa Ceporan Kecamatan Gantiwarno Kabupaten Klaten, melaksanakan program padat karya tunai (PKT) pada awal Mei 2021 ini. Kegiatan yang dibiayai dana desa tahap pertama tahun 2021, telah diawali pada Senin (3/5/2021) hingga selesai.


Kepala Desa Ceporan, Sutopo mengatakan, program padat karya tunai kali ini menelan biaya Rp 20 juta dengan pelaksanaan sekitar satu minggu.


“Senin 3 Mei 2021 dimulai di Timur Dukuh Toditan. Hari ini (Selasa) dilanjutkan dengan membersihkan saluran irigasi di Dukuh Brambangan sepanjang sekitar 500-an meter,” kata Sutopo, Selasa (4/5/2021).

Untuk kelancaran kegiatan tersebut, pemdes setempat mengerahkan tenaga 25 orang per hari. Lokasi yang dibersihkan berdasarkan permintaan petani.


Menurut penuturan sejumlah warga, saluran irigasi di Dukuh Brambangan adalah peninggalan tahun 1970-an. Dari dulu hingga sekarang saluran itu berfungsi mengaliri sawah di tiga desa yakni Ceporan, Towangsan dan Jabung Gantiwarno.

“Sumber airnya langsung dari sungai. Musim kemaraupun tidak pernah kering airnya,” kata warga

Seiring dengan berjalannya waktu, kondisi saluran yang kurang perawatan tentu menjadi kotor. Kondisinya makin memprihatinkan, ketika ada warga membuang sampah sembarangan di tempat itu. Saat hujan deras turun terjadilah banjir.

Kejadian itulah membuat pemerintah desa dan warga melaksanakan program padat karya tunai. Apalagi Desa Ceporan merupakan desa agraris dan juga salah satu desa penyangga pangan di Kabupaten Klaten. (*)

 

 



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini