Minggu, 09 Mei 2021,


ratusan-siswa-dan-guru-semarakkan-lomba-cipta-puisi-hardiknasPenggagas lomba cipta puisi dalam rangka Hardiknas tingkat Kabupaten Banyumas tahun 2021, Supriyanto, S.Pd, M.Pd saat memberikan hadiah tambahan berupa bonus mencetak buku secara gratis kepada salah satu juara. (prasetiyo/koranbernas.id)


Prasetiyo
Ratusan Siswa dan Guru Semarakkan Lomba Cipta Puisi Hardiknas

SHARE

KORANBERNAS.ID,BANYUMAS--Sebanyak 314 peserta berasal dari siswa SD/MI, SMP/MTs dan guru di semua jenjang pendidikan dari wilayah Banyumas dan sekitarnya, bahkan ada dari Jawa-Timur ikut ambil bagian pada lomba cipta puisi. Kegiatan literasi ini diadakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas melalui SMP Negeri 1 Tambak bekerjasama dengan PGRI Kecamatan Tambak dan AAN Publishing dalam rangka menyemarakkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2021.

Penyerahan hadiah bagi para pemenang, diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Irawati, SE, di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas-Jl Perintis Kemerdekaan Purwokerto, Senin (3/5/2021). Hadiah berupa trofi, piagam dan uang pembinaan senilai total Rp 9.100.000,-.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Bahkan ini tidak hanya lingkup Banyumas dan sekitarnya, namun sudah tingkat nasional, karena ada beberapa peserta dari luar kota, diantaranya dari Jawa-Timur," ujar Irawati.

Lomba cipta puisi ini, mengusung tema Aku Rindu Sekolahku, dengan sub tema Aku rindu guruku, Aku rindu temanku dan Aku rindu belajar di sekolah.

Setelah melakukan penilaian secara cermat, ketiga dewan juri, terdiri Sutarno, M.Pd (Pengawas Dindikbud Banyumas), Sugeng Kahana, M.Pd (Guru senior Bahasa Indonesia/Kepala SMP Negeri 1 Kalibagor, Banyumas), dan penyair kawakan dari Cilacap, Ansor Basuki Balasikh, S.Sos, menetapkan hasil kejuaran sebagai berikut.

Untuk kategori siswa SD, juara 1 Graciella Bertha Veona yang menulis puisi Kapan Sekolah dari SD Negeri 1 Kranji,Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, juara 2 Christian Santoso (Kau Selalu Ada, SD Karitas Purwokerto) dan juara ke 3 Ibrahim Ozil Zaidan Wijaya (Rindu Guruku, SD N 1 Kebokura, Sumpiuh, Banyumas).

Untuk kategori siswa SMP, juara 1 Lulu Afita Adiniah (Rundu yang Terpatri, SMPN 1 Ajibarang, Banyumas), juara 2 Vellacia Shafara Rahman (Balada Memoar Putih Biru, SMP Negeri 1 Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa-Timur), dan juara 3 Noer Fajri Adiyatma  (Rumahku Sekolahku, SMP Negeri 8 Purwokerto).Sedangkan untuk kategori guru , juara 1 Ifa Indriyani, S.Pd (Apa Kabar Anak-anakku, SDN Sunyalangu, Kecamatan Karanglewas, Banyumas), juara 2  Yogi Himawan S.Pd  (Membunuh Rindu, SDN 1 Langgongsari, Kecamatan Cilongok, Banyumas), dan juara 3 Harti Suslina, S.Pd  (Rindu Hadirmu, SMPN 1 Kalibagor, Banyumas).

Kepala SMPN 1 Tambak Banyumas, Supriyanto, S.Pd, M.Pd selaku penggagas kegiatan ini yang juga pemilik Aan Publishing mengemukakan, pihaknya akan terus menggelorakan kegiatan tulis menulis di kalangan guru dan siswa di wilayah Banyumas raya.

Dalam kesempatan itu, Supriyanto juga memberikan tambahan bonus senilai Rp 500 ribu kepada setiap pemenang untuk menerbitkan sebuah buku karyanya sendiri secara gratis di AAn Publishing.(*)



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini