cari-informasi-anggaran-cukup-pakai-ujung-jariBupati Kebumen KH Yazid Mahudz meluncurkan web www.ppid.kebumenkab.go.id. (istimewa)


nanang

Cari Informasi Anggaran Cukup Pakai Ujung Jari

SHARE

KORANBERNAS.ID -- Masyarakat bisa memperoleh informasi publik termasuk anggaran di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen secara online.

Cara ini diyakini lebih mudah dan cepat setelah Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, Rabu (16/10/2019), meluncurkan website Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID) Kebumen.


Baca Lainnya :

Yazid mengatakan operasional www.ppid.kebumenkab.go.id merupakan salah satu komitmen Pemkab Kebumen dalam hal keterbukaan informasi, sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Melalui web itu masyarakat sebagai pengguna informasi publik lebih mudah mencari informasi yang dibutuhkan, cukup memakai ujung jari di layar monitor.


Baca Lainnya :

Di masa mendatang keterbukaan informasi dengan cara daring atau online tidak hanya pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tetapi berkembang ke desa-desa.

Di tingkat desa akan terwujud desa informatif. Untuk mencapai itu, diperlukan pemahaman mengenai keterbukaan informasi publik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kebumen Cokroaminoto SIP MKes mengatakan, terdapat perubahan PPID.

Ketentuan yang baru, PPID Utama dipegang Kepala Bidang Komunikasi Dinas Kominfo. Sedangkan pada dinas dan badan  ada PPID Pembantu. Kepala dinas dan badan sebagai pembina PPID Pembantu.

Penyedia informasi ada  pada PPID Pembantu. Sedang pengelompokan apakah informasi yang tidak dikecualikan sebagai informasi berkala, informasi serta merta atau informasi setiap saat, merupakan tugas PPID Utama dan PPDI pembantu.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama, Dewi Indri Astuti SP MM, mengatakan tugas tambahan sebagai  PPID utama tidak ringan.

Sinergitas antar-PPDI Utama dan PPID Pembantu sangat membantu mewujudkan keterbukaan Informasi di kabupaten ini. (sol)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini