BPJS Kesehatan Kebumen Buka Layanan di Purworejo Expo 2025
Pameran dibuka 12 Februari 2025 dan berakhir 16 Februari 2025.
KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- BPJS Kesehatan sebagai badan penyelenggara program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terus berupaya memudahkan peserta JKN mengakses layanan administrasi.
Salah satu di antaranya dengan membuka kanal layanan administrasi kepesertaan pada gelaran Purworejo Expo Tahun 2025 di Kawasan Pendopo Purworejo. Pameran dibuka 12 Februari 2025 dan berakhir 16 Februari 2025.
Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen, Mujiatin, mengatakan BPJS Kesehatan senantiasa memudahkan masyarakat mengakses layanan administrasi JKN dengan mendekatkan pelayanan ke masyarakat.
Menurutnya, pelayanan yang dapat diakses oleh masyarakat di antaranya pendaftaran peserta, perubahan data, pendaftaran Program Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab), registrasi Aplikasi Mobile JKN, pemberian informasi dan penanganan pengaduan.
Stan VIP
“Bagi masyarakat khususnya Purworejo yang sedang berkunjung di Purworejo Expo 2025 dapat memanfaatkan layanan kami. Pelayanan yang kami berikan sama dengan pelayanan yang ada di kantor cabang atau kantor kabupaten. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir dan ragu berkunjung ke stan kami di stan VIP nomor 45,” ungkap Mujiatin usai menghadiri kegiatan Pembukaan Purworejo Expo 2024, Kamis (13/2/2025).
Mujiatin menyebutkan, BPJS Kesehatan juga rutin melaksanakan pelayanan BPJS Kesehatan Keliling. Layanan tersebut dijadwalkan keliling mulai dari instansi pemerintah, fasilitas kesehatan, pusat perbelanjaan hingga beberapa titik strategis di masing-masing kecamatan.
Menurutnya, BPJS Keliling untuk memaksimalkan jangkauan layanan kepada masyarakat di beberapa daerah yang memiliki akses cukup jauh dari pelayanan publik. Diharapkan masyarakat dapat menghemat biaya, tenaga dan waktu untuk mengakses layanan administrasi JKN.
“Bagi masyarakat yang berada jauh dari kota, jangan khawatir karena kami juga ada layanan BPJS Keliling yang menjangkau wilayah-wilayah perbatasan kabupaten. Kami harap masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan tersebut,” ujarnya.
Kanal layanan
Selain layanan tatap muka, lanjut dia, BPJS Kesehatan juga memiliki kanal layanan non-tatap muka yang dapat diakses oleh masyarakat dengan mudah. Layanan administrasi kepesertaan seperti permintaan informasi dan pengaduan pada Program JKN, juga dapat diakses melalui kanal-kanal lainnya.
Kanal tersebut di antaranya Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) di nomor 08118165165 maupun website BPJS Kesehatan.
“Perkembangan teknologi informasi saat ini terasa begitu cepat. Kami menyediakan kanal layanan melalui platform digital yang dapat diakses masyarakat di mana pun dan kapan pun, baik dari rumah juga tanpa perlu ke kantor kami,” tambah Mujiatin.
Salah seorang peserta JKN yang mengakses layanan JKN di Purworejo Expo 2025, Rina Rahmawati (41), merasa terbantu. BPJS Kesehatan yang membuka layanan di Purworejo Expo 2025 memudahkan dirinya mendapatkan layanan informasi.
Informasi lengkap
Rina yang saat ini bekerja sebagai ASN salah satu madrasah di Kabupaten Purworejo itu belum sempat ke Kantor BPJS Kesehatan untuk memperoleh informasi secara lengkap seputar hak kelas perawatan.
“Sebenarnya dari pengalaman kemarin pas anak kami rawat inap di RS Palang Biru Kutoarjo, dalam satu kamar kok ada dua bed tempat tidur sedangkan waktu di RS Muhammadiyah itu hanya diisi satu pasien saja. Padahal kan kami terdaftar kelas satu. Nah kenapa bisa beda-beda seperti itu. Setelah mendapatkan penjelasan, saya merasa lega dan memahami ternyata ada aturan standar ruangan,” ungkap warga Desa Pangenrejo Kabupaten Purworejo itu. (*)