5.086 Surat Suara Rusak Dibakar

Kami pastikan semua TPS sudah mendapatkan logistik pemilu 100 persen.

5.086 Surat Suara Rusak Dibakar
Pemusnahan kelebihan surat suara dan surat suara rusak di KPU Bantul, Selasa (12/2/2024) malam. (sariyati wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul melakukan pemusnahan surat suara rusak dan kelebihan surat suara total 5.086 lembar, selasa (13/2/2024)  malam.

Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar dengan disaksikan unsur kepolisian, Bawaslu, TNI dan Kesbangpol Bantul.

Adapun rincianya surat suara rusak untuk Pemilihan Presiden Wakil Presiden (PPWP) 397 lembar, DPR RI 2.989 lembar, DPRD DIY 1.034 lembar, DPRD Bantul 355 lembar dan DPD RI 311 lembar.

Ketua KPU Bantul Joko Santoso mengatakan kerusakan surat suara tersebut variatif di antaranya karena ada yang tersobek, ada yang terkena tinta dan ada yang tintanya tidak jelas.

"Surat suara yang tidak memenuhi syarat kita musnahkan dengan cara dibakar dan sebelumnya surat suara yang rusak sudah diganti.  Ada juga kelebihan surat suara yang malam hari ini ikut kita musnahkan," kata Joko.

ARTIKEL LAINNYA: Bupati Bantul Cek Kesiapan Pemilu, Semua Telah Siap

Adapun untuk logistik pemilu termasuk surat suara telah didistribusikan ke seluruh TPS di Kabupaten Bantul pada pukul 20:00 malam.

"Kami pastikan semua TPS sudah mendapatkan logistik pemilu 100 persen dan besok sudah siap digunakan dalam Pemilu 2024," katanya.

Joko menambahkan saat pendistribusian logistik, terdapat satu kotak suara ada yang pecah di Kapanewon Bantul karena ditarik menggunakan tali dan terjatuh.

Selain itu pada distribusi hari sebelumnya, ada juga  dua  kotak pecah di  wilayah Kasihan dan dua kotak di wilayah Banguntapan. Semua itu terjadi saat proses saat distribusi.

Total ada 5 kotak suara yang rusak saat dilakukan distribusi. "Kotak suara yang rusak semua sudah diganti," katanya  (*)